Segera Manfaatkan, Subsidi Bunga KUR 3 Persen Berlanjut Tahun Ini

Kompas.com - 18/01/2022, 18:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan subsidi bunga KUR sebesar 3 persen berlanjut tahun 2022.

Dia berharap masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa memanfaatkan KUR. Apalagi realisasi KUR di beberapa sektor seperti sektor perkebunan dan peremajaan kelapa sawit belum maksimal.

"Pemerintah mensubsidi 3 persen lagi, dan tahun ini juga sesuai persetujuan dari rapat terbatas, maka KUR ini 3 persen selama 6 bulan," kata Airlangga dalam acara penghargaan KUR, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Plafon Meningkat, Bank Pelat Merah Siap Geber Penyaluran KUR 2022

Airlangga menyebut, pemerintah sudah menaikkan plafon KUR menjadi Rp 373,13 triliun tahun ini untuk bisa dimanfaatkan oleh UMKM.

KUR tersebut disalurkan oleh beberapa K/L dan perbankan penyalur, termasuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

"Ini kami berharap UMKM bisa termotivasi dan bisa disalurkan dalam beberapa kementerian dan terkait beberapa penyalur dari perbankan," beber Airlangga.

Baca juga: Penyaluran KUR Bank Mandiri Penuhi Target 2021, Diharap Meningkat pada 2022

Lebih lanjut Airlangga menyebut, pemerintah melihat UMKM menjadi salah satu pendorong pertumbuhan ekonomi di tahun 2021. Pada tahun tersebut, dana KUR yang disiapkan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mencapai Rp 162,4 triliun.

Penyerap KUR terbesar adalah sektor pertanian. Tak heran, sektor ini menjadi yang paling tahan terhadap pandemi Covid-19.

"Jadi pertanian ini menjadi (penyerap) terbesar KUR karena dalam situasi Covid-19, pertanian lajunya kencang," sebut Airlangga.

Baca juga: Plafon KUR BNI 2022 Naik Jadi Rp 38 Triliun, Difokuskan Bantu UMKM Go International

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.