KKP Proyeksi Investasi Sektor Bahari Capai Rp 6,02 Triliun Sepanjang 2021

Kompas.com - 20/01/2022, 11:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memproyeksi total investasi di sektor bahari tembus Rp 6,02 triliun hingga akhir Desember 2021.

Adapun hingga kuartal III 2021, totalnya sudah mencapai Rp 4,11 triliun, mendekati target investasi sebesar Rp 5,49 triliun.

Realisasi terbanyak berada di sektor budidaya yang mencapai 30 persen, industri pengolahan sebesar 27 persen, kemudian sisanya pada sektor penangkapan ikan dan perdagangan.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 113,38 Triliun, Jatim Paling Besar

"Tahun lalu (2021) kalau data di triwulan III itu Rp 4,11 triliun. Prognosa akhir tahun ini Rp 6,02 triliun," kata Direktur Usaha dan Investasi Ditjen PDSPKP KKP, Catur Sarwanto dalam konferensi pers Bincang Bahari, Kamis (20/1/2022).

Catur menuturkan, proyeksi dilandaskan pada minat investasi di sektor bahari. Dia berujar, sudah ada beberapa negara di Asia Tenggara dan Asia Timur yang minat berinvestasi di Indonesia dengan konsep Penangkapan Ikan Terukur.

Terdapat tiga bidang usaha prioritas yang terbuka bagi kegiatan penanaman modal atau investasi, yaitu usaha penangkapan, budidaya, dan pengolahan ikan.

Baca juga: Ini Bocoran Kriteria Calon Kepala Badan Otorita IKN

Hal ini tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal sebagaimana diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2021.

"Tahun lalu Singapura cukup tertarik. Tentunya ini juga ada beberapa yang sudah tertarik, dari China ingin masuk. Tentu hal ini harus kita tangkap (momentumnya)," ucap Catur.

Mengenai hal itu kata Catur, KKP akan menginformasikan regulasi baru kepada para investor, baik investor dalam negeri maupun investor asing.

Sosialisasi itu mencakup tiga program terobosan KKP, yakni peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sumber daya alam perikanan tangkap untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.