Buat Pemula, Ini Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Kompas.com - 20/01/2022, 16:30 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Jika melihat gaji YouTuber ternama memang sangat menggiurkan dan membuat ingin menjadi seperti mereka. Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube?

Gaji Youtuber terkaya di dunia, MrBeast, bahkan diperkirakan mencapai Rp 775 miliar dalam setahun seperti yang dilaporkan Forbes.

YouTuber Indonesia, Ria Ricis, menurut situs Social Blade berpenghasilan sekitar Rp 574 juta. Kemudian, Atta Halilintar sekitar Rp 271 juta, dan Jess No Limit sekitar Rp 211 juta.

Mendapatkan penghasilan sebesar itu bisa menjadi hal yang mudah jika mengetahui cara dapat uang dari YouTube dan mengembangkan kreatifitas untuk membuat konten yang menarik untuk ditonton.

Baca juga: Berapa Gaji YouTuber Terkaya di Dunia?

Sebetulnya tidak ada yang dirahasiakan dari cara mendapatkan uang dari YouTube. Pasalnya, pihak YouTube sendiri telah memberitahukan bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube melalui laman resminya.

Jika mau sukses berkarir melalui YouTube, silakan mencermati bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube berikut ini.

Cara mendapatkan uang dari YouTube

Langkah awal cara dapat uang dari YouTube yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar dan diterima dalam Program Partner YouTube.

Namun, ada beberapa syarat untuk bisa diterima dalam program ini, yaitu: 

  • Mematuhi semua kebijakan monetisasi kanal YouTube.
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat Program Partner YouTube tersedia.
  • Tidak ada Teguran Pedoman Komunitas yang aktif di kanal YouTube yang akan digunakan.
  • Memiliki lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam setahun terakhir.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.
  • Memiliki akun AdSense yang ditautkan.

Jika sudah memenuhi persyaratan di atas, maka bisa mengaktifkan berbagai fitur monetisasi di bawah ini sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari YouTube, yaitu:

Baca juga: 7 Tahun Jadi YouTuber, Berapa Kisaran Penghasilan David GadgetIn Kini?

Logo YouTube, Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTubeYouTube Logo YouTube, Bagaimana cara mendapatkan uang dari YouTube

  • Pendapatan iklan, didapatkan dari iklan display, overlay, dan video.
  • Langganan channel, di mana para penonton kanal bersedia melakukan pembayaran bulanan berulang untuk mendapatkan keuntungan khusus yang ditawarkan masing-masing kanal.
  • Galeri merchandise, di mana penonton kanal dapat mencari dan membeli merchandise bermerek resmi yang ditampilkan di halaman tonton masing-masing kanal.
  • Super Chat dan Super Stickers, di mana penonton harus membayar agar pesannya diperjelas dalam streaming chat.
  • Pendapatan YouTube Premium, yang akan didapatkan dari biaya langganan YouTube Premium saat pelanggan menonton konten.

Perlu diingat, setiap fitur terdapat sejumlah persyaratan kelayakan yang berbeda. Jika pihak YouTube menganggap kanal atau video yang diunggah tidak memenuhi persyaratan, maka beberapa fitur di atas kemungkinan tidak bisa digunakan.

Selain mengikuti syarat dan ketentuan cara mendapatkan uang dari YouTube, pengguna juga harus mematuhi ketentuan hukum di wilayahnya masing-masing.

Baca juga: 10 Gaji Youtuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi

Pengguna juga harus membuat konten YouTube sekreatif mungkin karena saat ini persaingan konten di YouTube sangat ketat. Pasalnya, sekarang banyak pembuat konten yang berlomba-lomba menarik penonton sebanyak-banyaknya.

Demikian cara mendapatkan uang dari YouTube. Jika sudah sukses menjadi YouTuber dan memiliki penghasilan setara dengan para YouTuber ternama, jangan lupa untuk membayar pajak penghasilan kepada pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.