Gandeng Tokocrypto, BRI Ventures Luncurkan Blockchain Akselerator

Kompas.com - 20/01/2022, 19:10 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - BRI Ventures melalui inisiatifnya akselerator Sembrani Wira, bersama dengan Tokocrypto melalui TokoLaunchpad, meluncurkan Tokocrypto Sembrani Blockchain Accelerator atau TSBA.

TSBA merupakan proyek akselerator yang dibuat untuk memberdayakan perusahaan rintisan atau startup dengan teknologi blockchain dan tokenisasi di Indonesia.

CEO Tokocrypto Pang Xue Kai menjelaskan, melalui kolaborasi ini, pihaknya dan BRI Ventures membentuk program akselerator dengan memberikan modul ekstensif yang dirancang demi membawa proyek dan startup blockchain untuk muncul ke panggung dunia.

Program tersebut berkisar pada area fundraising, pembangunan team culture, blockchain development, listing advisory dan tokenomics.

Baca juga: Simak Biaya dan Cara Mengurus Sertifikat Tanah di Kantor BPN

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap akselerator yang dijalankan bersama ini dapat mendorong ekosistem dan membawa impact bagi industri startup dan blockchain, bukan hanya secara bisnis, tapi juga secara sosial ekonomi," tutur Kai dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1/2022).

Sementara itu, CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, kolaborasi ini dibuat untuk memfasilitasi pertumbuhan perusahaan rintisan di Tanah Air yang menggunakan blockchain sebagai tulang punggung teknologinya.

"Kami berharap, kolaborasi ini dapat menjadi akselerator dari berbagai inisiatif Web3 dan perkembangan ekosistem metaverse," ujar dia.

"Terlebih kami memiliki dua dana ventura yang tengah berkembang yaitu Sembrani Nusantara dan Sembrani Kiqani yang berfokus pada pendanaan di sektor-sektor non fintech," tambahnya.

Baca juga: Produksi Aluminium Inalum Operating Capai 243.000 Ton di 2021

Adapun sampai saat ini BRI Ventures telah melakukan investasi ke lebih dari 18 startup fintech maupun non-fintech dan meluncurkan dua dana ventura yang diikuti oleh Grab Ventures, Celebes Capital, Mahanusa Capital, Buana Investment, Pulau Intan dan beberapa family offices lainnya.

Sebagai informasi, DanaVentura Sembrani Nusantara yang diluncurkan pada awal 2021 telah melakukan investasi di bidang agritech seperti Sayurbox, sektor new retail seperti Haus!, Brodo, Yummy Corp, dan sektor logistik seperti Andalin.

Lalu, Dana Ventura Sembrani Kiqani yang baru diluncurkan awal tahun 2022 juga tengah menggalang dana awal dari beberapa investor yang turut berkomitmen memajukan berbagai ekosistem untuk Indonesia.

Baca juga: BI Lakukan Pengurangan Likuiditas, GWM Naik Bertahap Per 1 Maret 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.