Kompas.com - 21/01/2022, 19:14 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.comKartu Prakerja sudah ada sejak 2020, tapi masih banyak  yang belum mengetahui cara mendaftar Kartu Prakerja. Bagaimana cara daftar Kartu Prakerja online?

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang tiap pesertanya akan diberikan total Rp 3,55 juta secara bertahap.

Melansir laman Indonesia.go.id, tahun ini pelaksanaan Program Kartu Prakerja tidak hanya dilakukan secara daring seperti sebelumnya, tetapi juga luring.

Pemerintah tidak hanya ingin program ini menjadi program semi-bansos, tetapi juga benar-benar bisa meningkatkan kualitas tenaga kerja yang mengikuti Program Kartu Prakerja.

Baca juga: Cara Cek Bansos PKH di Situs cekbansos.kemensos.go.id

Pemerintah hingga kini belum memastikan kapan Kartu prakerja Gelombang 23 akan dimulai. Namun, calon peserta bisa melakukan cara mendaftar Kartu Prakerja online, dengan membuat akun di laman resmi Kartu Prakerja terlebih dulu.

Lantas, bagaimana cara daftar kartu prakerja online?

Syarat daftar Kartu Prakerja

Sebelum mengikuti cara mendaftar Kartu Prakerja online, calon peserta dapat melihat persyaratan menjadi peserta Program Kartu Prakerja sebagai berikut:

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Berusia 18 tahun ke atas.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal,
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil,
  • Bukan penerima bantuan sosial (bansos) lainnya selama pandemi Covid-19,
  • Dalam 1 kartu keluarga (KK) hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi penerima kartu prakerja.

Baca juga: Cara Daftar DJP Online untuk Lapor SPT dan Bayar Pajak

Ilustrasi cara mendaftar kartu prakerja online (cara daftar kartu prakerja online).KOMPAS.com/ConneyStephanie Ilustrasi cara mendaftar kartu prakerja online (cara daftar kartu prakerja online).

Cara mendaftar Kartu Prakerja online

Berdasarkan akun Instagram Kartu Prakerja, pembuatan akun di situs Kartu Prakerja telah dibuka kembali sejak Rabu (5/1/2022) kemarin.

Jika merasa telah memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Kartu Prakerja, maka bisa mengikuti cara mendaftar kartu prakerja online melalui laman resmi, sebagai berikut:

  • Buka situs www.prakerja.go.id.
  • Klik daftar sekarang.
  • Masukkan email dan password.
  • Klik daftar.
  • Kemudian akan ada notifikasi via email.
  • Buka email, lalu lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

Jika sudah berhasil mengikuti cara daftar kartu prakerja online, calon peserta bisa masuk ke dashboard Kartu Prakerja dengan membuka situs Prakerja. Kemudian mengikuti cara mendaftar kartu prakerja online berikut:

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Shopee dengan SPinjam

Kartu Prakerja ada sejak 2020, tapi masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara mendaftar kartu prakerja. Bagaimana cara daftar kartu prakerja online?SHUTTERSTOCK Kartu Prakerja ada sejak 2020, tapi masih banyak masyarakat yang tidak tahu cara mendaftar kartu prakerja. Bagaimana cara daftar kartu prakerja online?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.