Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Aplikasi dan Website Penyedia Informasi Rumah Subsidi

Kompas.com - 22/01/2022, 05:16 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKredit Kepemilikan Rumah atau KPR adalah salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun di satu sisi, belum memiliki dana tunai yang cukup sesuai harga beli rumah.

Di Indonesia, ada dua jenis KPR yang tersedia yakni KPR subsidi dan KPR nonsubsidi. KPR subsidi adalah suatu kredit untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah guna memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki.

Setiap tahun, pemerintah terus menggenjot pembiayaan rumah subsidi (KPR subsidi) untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Salah satunya melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lalu bagaimana masyarakat dapat mengakses informasi rumah subsidi?

Baca juga: Bos Dorna Ancam Batalkan MotoGP Mandalika, Ini Tawaran Pemerintah RI

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyediakan tiga sarana daring/online untuk mengecek informasi tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Pertama, melalui situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR.

Sarana kedua, melalui situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) https://sikumbang.ppdpp.id/. Laman ini dikelola Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Lalu sarana ketiga, melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) yang terlebih dulu harus diunduh di Google Play Store. Berikut ini cara mengakses tiga sarana tersebut:

Baca juga: Dapat Lampu Hijau, Adaro Ekspor Batu Bara ke Sejumlah Negara

1. Website Kementerian PUPR

Situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia. Situs ini juga dapat diakses oleh para pengembang yang mau memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Bagi para calon pembeli, situs ini menyediakan fitur informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama pengembang.

Untuk mengakses informasi tersebut melalui situs ini, pengunjung laman hanya perlu memasukkan kategori data perumahan subsidi yang hendak dicari, terutama lokasi provinsi dan kabupaten/kota, di kolom yang sudah tersedia.

Baca juga: Pengusaha Bantah Ada Kartel Harga Minyak Goreng

Aplikasi dan website penyedia informasi rumah subsidihttps://sikumbang.ppdpp.id/ Aplikasi dan website penyedia informasi rumah subsidi

2. Website SiKumbang

Selain website resmi Kementerian PUPR, akses informasi juga dapat dilakukan melalui situs web Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang), https://sikumbang.ppdpp.id.

Laman yang dikelola terpusat oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR dikembangkan untuk pendataan perumahan bersubsidi maupun tidak, beserta informasi lokasi hingga identitas pengembang.

Pada laman awal akan disediakan opsi seperti pilih lokasi, pilih provinsi, pilih kecamatan, pilih kabupaten/kota, dan pilih asosiasi.

Jika mengeklik tombol "Cari", kemudian akan memperlihatkan hasil pencarian yang menyajikan lokasi perumahan, unit subsidi tersedia, unit komersial tersedia, kebutuhan unit rumah, serta jumlah unit rumah yang diinginkan.

Baca juga: Dalam Sepekan, Rp 140 Miliar Modal Asing Keluar dari Indonesia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com