Daftar Aplikasi dan Website Penyedia Informasi Rumah Subsidi

Kompas.com - 22/01/2022, 05:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKredit Kepemilikan Rumah atau KPR adalah salah satu alternatif bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Namun di satu sisi, belum memiliki dana tunai yang cukup sesuai harga beli rumah.

Di Indonesia, ada dua jenis KPR yang tersedia yakni KPR subsidi dan KPR nonsubsidi. KPR subsidi adalah suatu kredit untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah guna memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki.

Setiap tahun, pemerintah terus menggenjot pembiayaan rumah subsidi (KPR subsidi) untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Salah satunya melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Lalu bagaimana masyarakat dapat mengakses informasi rumah subsidi?

Baca juga: Bos Dorna Ancam Batalkan MotoGP Mandalika, Ini Tawaran Pemerintah RI

Dikutip dari laman Indonesia.go.id, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyediakan tiga sarana daring/online untuk mengecek informasi tentang rumah subsidi, lokasinya, harga, pengembangnya, hingga transaksi pembelian.

Pertama, melalui situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ yang merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR.

Sarana kedua, melalui situs Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (SiKumbang) https://sikumbang.ppdpp.id/. Laman ini dikelola Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR.

Lalu sarana ketiga, melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (Sikasep) yang terlebih dulu harus diunduh di Google Play Store. Berikut ini cara mengakses tiga sarana tersebut:

Baca juga: Dapat Lampu Hijau, Adaro Ekspor Batu Bara ke Sejumlah Negara

1. Website Kementerian PUPR

Situs http://rumahsubsidi.pu.go.id/ merupakan laman resmi milik Kementerian PUPR yang menyediakan informasi mengenai ketersediaan rumah subsidi di seluruh provinsi Indonesia. Situs ini juga dapat diakses oleh para pengembang yang mau memasukkan data perumahan bersubsidinya.

Bagi para calon pembeli, situs ini menyediakan fitur informasi mengenai lokasi rumah subsidi, data luas bangunan, jumlah kamar, luas tanah, tipe rumah hingga nama pengembang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.