Apa Itu Akuisisi, Hal Lumrah dalam Dunia Bisnis?

Kompas.com - 22/01/2022, 07:00 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Akuisisi marak dilakukan perusahaan dan menjadi hal yang lumrah dalam dunia bisnis. Akuisisi adalah pengambilalihan perusahaan lain.

Akuisisi perusahaan menjadi salah satu opsi yang diambil perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Oleh karenanya, aksi korporasi ini umum dilakukan dalam dunia bisnis nasional maupun internasional.

Akuisisi menjadi sering terlihat dalam judul berita beberapa tahun terakhir. Jika dulu istilah akuisisi hanya diketahui pelaku bisnis saja, kini akuisisi perusahaan juga jadi perbincangan masyarakat umum.

Pasalnya, aktivitas akuisisi semakin meningkat seiring perkembangan ekonomi global. Sebab, perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan usahanya dengan lebih cepat.

Baca juga: Tujuan dan Pengertian Manajemen Pemasaran

Lantas apa itu akuisisi, tujuan akuisisi, dan contoh akuisisi? Untuk mengetahui jawabannya, baca penjelasan di bawah ini sampai habis.

Apa itu akuisisi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, akuisisi adalah cara memperbesar perusahaan dengan cara memiliki perusahaan lain.

Akuisisi perusahaan pada Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1998 diartikan sebagai perbuatan hukum yang dilakukan oleh badan hukum atau orang perseorangan untuk mengambil alih seluruh atau sebagiah saham perusahaan yang berakibat pada beralihnya pengendalian terhadap perusahaan tersebut

Mengutip buku Hukum Akuisisi oleh Budi Untung, akuisisi adalah pengambilan kepemilikan atau pengendalian atas saham atau aset perusahaan oleh perusahaan lain. Namun, tiap-tiap perusahaan tetap eksis sebagai badan hukum yang terpisah.

Dengan demikian, akuisisi adalah pengambilalihan suatu perusahaan oleh perusahaan lain dengan cara menguasai saham atau aset perusahaan tersebut.

Baca juga: Profesi yang Banyak Dicari, Apa Itu Digital Marketing?

Berdasarkan buku Konsep Akuisisi Saham Perusahaan Nasional oleh Juli Asril dan kawan-kawan, akuisisi adalah bentuk pengembangan usaha yang relatif lebih cepat, dibanding cara pengembangan lainnya.

Akuisisi adalah pengambilalihan perusahaan lain. Sebelum melakukan apa itu akuisisi, perusahaan perlu riset bisnis yang mendalam.Dok. digibank Akuisisi adalah pengambilalihan perusahaan lain. Sebelum melakukan apa itu akuisisi, perusahaan perlu riset bisnis yang mendalam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.