Gaji Kamu Lebih Kecil dari Rekan Kerja? Atasi Pakai Cara Ini

Kompas.com - 22/01/2022, 08:30 WIB
Penulis Aprillia Ika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Besar kecilnya gaji biasanya dapat memengaruhi semangat kerja seseorang. Jika gajinya tinggi, pasti orang tersebut lebih giat bekerja dan sebaliknya

Fenomena yang seringkali terjadi adalah adanya perbedaan gaji antar karyawan. Persoalan gaji memang sensitif.

Apalagi kalau ternyata tahu, gaji rekan kerja kamu lebih tinggi. Padahal jabatan dan tanggung jawab sama. Pasti mengundang kecemburuan. Ada perasaan kesal dan iri.

Baca juga: Berapa Gaji YouTuber Terkaya di Dunia?

Nyatanya, mungkin saja perbedaan gaji bermula ketika negosiasi gaji pertama kali. Rekan kerjamu mampu bernegosiasi gaji dengan sangat apik yang sebelumnya telah melakukan riset gaji, sehingga perusahaan dapat menerima penawarannya.

Sementara kamu tidak seperti itu. Kamu tidak menyebut nominal pasti gaji, melainkan sesuai dengan kebijakan perusahaan. Berarti salah kamu sendiri.

Baca juga: Disebut Pahlawan Tanpa Tanda Jasa, Berapa Gaji Guru di Indonesia?

Tetapi tenang, ini bukanlah kiamat. Gaji masih bisa diperbaiki, ditingkatkan agar menjadi selevel, bahkan mampu mengungguli gaji rekan kerjamu yang tadinya besar.

Caranya seperti berikut ini, dikutip dari Cermati.com.

1.Tunjukkan kemampuan atau kapabilitas kamu

Tak perlu menyesali apa yang sudah terjadi, apalagi sampai menjauhi rekan kerja yang gajinya lebih besar darimu. Kalau kamu terus mengeluh, marah, dan akhirnya jadi malas bekerja, kamu juga yang akan dicap tidak produktif.

Atasan atau perusahaan akan menilai bahwa kamu memang tidak pantas bergaji besar ataupun naik gaji. Karena memang kerjamu kurang maksimal.

Baca juga: Berjasa Tangani Pasien, Berapa Gaji Perawat?

Jadikan masalah gaji sebagai motivasi untuk bekerja lebih giat. Walaupun gaji kamu kecil, namun kamu memiliki kemampuan seperti rekan kerjamu.

Tunjukkan kamu adalah seorang pekerja keras, produktif, mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan tepat waktu, selalu mencapai target tim, dan lainnya. Ini yang akan dilihat atasan.

Tanpa kamu minta atau menjilat pun, atasan akan memberikan penilaian bagus kepadamu. Bahwa kamu layak naik gaji, bahkan naik jabatan.

Baca juga: Ditawari Naik Gaji atau Promosi Jabatan, Pilih Mana?

2.Meningkatkan keahlian dan keterampilan

Mau naik gaji, sebetulnya mudah. Salah satu caranya meningkatkan keahlian (skill) agar dapat mengembangkan karier dan mampu bersaing dengan rekan kerja yang lain.

Kalau ini bersaing secara sehat. Skill kamu harus diasah, seperti kemampuan berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, public speaking, digital marketing, dan lainnya sesuai kebutuhan serta passion.

Baca juga: 5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Kurang Kompeten

Cara untuk meningkatkan skill, di antaranya sering ikut seminar dan pelatihan, kunjungi forum di internet yang mengupas pengembangan karier, serta mempelajari keterampilan baru di Balai Latihan Kerja (BLK) di bawah Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker).

Jika keahlian atau keterampilan kamu bertambah, kamu dapat menerima tantangan pekerjaan baru dengan kenaikan gaji signifikan. Bahkan ditawari jabatan baru yang pastinya memberi gaji besar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.