Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebanyak 129 PMI Tiba di Surabaya, 2 di Antaranya Positif Covid-19

Kompas.com - 23/01/2022, 16:27 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah kenaikan lonjakan kasus varian Covid-19 Omicron, Bandara Juanda Surabaya menerima kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI), pada Sabtu (23/1/2022).

Pembukaan Bandara Juanda Surabaya untuk penerbangan internasional telah diberlakukan sejak 1 Januari 2022 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengungkapkan, penerbangan internasional itu membawa 129 orang PMI dari Malaysia menggunakan maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH871 yang mendarat pukul 12.11 WIB. Para PMI ini juga merupakan pelaku perjalanan luar negeri pertama sejak Terminal 2 Bandara Juanda dibuka.

"Sabtu ini Bandara Juanda Surabaya menerima kedatangan internasional pertama pada 2022, yaitu penerbangan yang membawa 129 pekerja migran Indonesia dari Malaysia. Sejak dibuka untuk penerbangan internasional pada 1 Januari 2022,” ujar Faik dalam siaran pers, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Tanpa Antre, Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Sebagai Langkah mitigasi kenaikan kasus Covid-19, pengelola Bandara Juanda juga telah melakukan simulasi penerimaan dan pemeriksaan kesehatan para pelaku perjalanan luar negeri sehingga penerapan protokol kesehatan berjalan lancar dan tidak menyebabkan kepadatan antrean yang berarti.

Pemeriksaan RT-PCR yang dilakukan kepada 129 PMI ini juga dilakukan sebanyak 3 gelombang. Faik mengungkapkan terdapat 2 PMI positif Covid-19. Namun, belum diketahui jenis varian Covid-19 yang dialami oleh 2 PMI tersebut.

“Dua PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut langsung dievakuasi ke RSUD Dr. Sutomo. Bagi PMI dengan hasil tes RT-PCR negatif dibawa menggunakan ke wisma karantina (Asrama Haji). Kami berterima kasih kepada pada stakeholder sehingga kegiatan penerimaan kedatangan PMI di Bandara Juanda dapat berjalan lancar," kata Faik.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Tutup, Penerbangan Pindah ke 5 Bandara Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com