Sebanyak 129 PMI Tiba di Surabaya, 2 di Antaranya Positif Covid-19

Kompas.com - 23/01/2022, 16:27 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Di tengah kenaikan lonjakan kasus varian Covid-19 Omicron, Bandara Juanda Surabaya menerima kedatangan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN), khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI), pada Sabtu (23/1/2022).

Pembukaan Bandara Juanda Surabaya untuk penerbangan internasional telah diberlakukan sejak 1 Januari 2022 berdasarkan Surat Keputusan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 1 Tahun 2022 tentang Pintu Masuk (Entry Point), Tempat Karantina, dan Kewajiban RT-PCR Bagi Warga Negara Indonesia Pelaku Perjalanan Luar Negeri.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengungkapkan, penerbangan internasional itu membawa 129 orang PMI dari Malaysia menggunakan maskapai Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH871 yang mendarat pukul 12.11 WIB. Para PMI ini juga merupakan pelaku perjalanan luar negeri pertama sejak Terminal 2 Bandara Juanda dibuka.

"Sabtu ini Bandara Juanda Surabaya menerima kedatangan internasional pertama pada 2022, yaitu penerbangan yang membawa 129 pekerja migran Indonesia dari Malaysia. Sejak dibuka untuk penerbangan internasional pada 1 Januari 2022,” ujar Faik dalam siaran pers, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Tanpa Antre, Ini Cara Daftar BPJS Kesehatan secara Online

Sebagai Langkah mitigasi kenaikan kasus Covid-19, pengelola Bandara Juanda juga telah melakukan simulasi penerimaan dan pemeriksaan kesehatan para pelaku perjalanan luar negeri sehingga penerapan protokol kesehatan berjalan lancar dan tidak menyebabkan kepadatan antrean yang berarti.

Pemeriksaan RT-PCR yang dilakukan kepada 129 PMI ini juga dilakukan sebanyak 3 gelombang. Faik mengungkapkan terdapat 2 PMI positif Covid-19. Namun, belum diketahui jenis varian Covid-19 yang dialami oleh 2 PMI tersebut.

“Dua PMI yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut langsung dievakuasi ke RSUD Dr. Sutomo. Bagi PMI dengan hasil tes RT-PCR negatif dibawa menggunakan ke wisma karantina (Asrama Haji). Kami berterima kasih kepada pada stakeholder sehingga kegiatan penerimaan kedatangan PMI di Bandara Juanda dapat berjalan lancar," kata Faik.

Baca juga: Bandara Halim Perdanakusuma Tutup, Penerbangan Pindah ke 5 Bandara Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.