Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mayora Bakal Diakuisisi BNI, Bagaimana Nasib Karyawannya?

Kompas.com - 24/01/2022, 12:20 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berencana mengakuisi PT Bank Mayora dengan menerbitkan saham baru dan mengambil alih kepemilikan saham.

Setelah kedua aksi koporasi itu rampung, BNI akan memiliki 1.198.229.838 saham atau  mewakili 63,92 persen dari total saham yang ditempatkan dan disetor dalam Bank Mayora.

Lantas, bagaimana nasib karyawan dan manajemen Bank Mayora terkait akuisisi tersebut?

Baca juga: Setelah Freeport, Ini Investasi Terbesar Kedua AS di Indonesia

Dilansir dari dokumen ringkasan rancangan pengambilaihan, syarat dan ketentuan hubungan kerja karyawan Bank Mayora disebut tidak akan terpengaruh oleh aksi akuisisi BNI.

"Bank Mayora akan tetap menghormati hak karyawan sesuai dengan dan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tulis dokumen ringkasan rancangan pengambilaihan Bank Mayora, dikutip Senin (24/1/2022).

Dokumen itu juga menyebutkan, seluruh hak dan kewajiban karyawan akan diselesaikan dan dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Sementara untuk direksi dan dewan komisaris Bank Mayora, dipastikan tidak ada perubahan status sampai dengan transaksi pengambilalihan selesai dilakukan.

Baca juga: Mau Beli ORI021? Begini Cara Pesannya

Namun demikian, sewaktu-waktu setelah penyelesaian pengambilahan, bisa terdapat perubahan terhadap komposisi direksi dan dewan komisaris Bank Mayora.

"Setiap perubahan tersebut (apabila ada) akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tulis dokumen tersebut.

Sebagai informasi, langkah BNI mengakuisisi Bank Mayora akan melewati serangkaian proses. Berdasarkan jadwal pekiraan dokumen tersebut, pengambilalihan akan rampung pada Mei 2022.

Setelah proses akuisisi rampung, BNI akan memiliki 63,92 persen saham Bank Mayora, sementara sisanya atau 673.313.152 saham akan dipegang oleh PT Mayora Inti Utama.

"Rencana pengambilalihan Bank Mayora oleh BNI akan didanai melalui pendanaan internal BNI dari dana yang tersimpan sebagai laba ditahan atau kekayaan BNI," tulis dokumen tersebut.

Baca juga: 4 Produsen Kuasai 46,5 Persen Pasar Minyak Goreng Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com