Penawaran SBN Ritel ORI021 Dibuka, Bisa Beli Mulai Rp 1 Juta di Sini

Kompas.com - 25/01/2022, 08:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa penawaran Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ke-21 atau ORI021 masih berlangsung sampai tanggal 17 Februari 2022 pukul 10.00 WIB. Kupon yang ditawarkan ORI021 sendiri sebesar 4,9 persen fixed rate.

Asal tahu saja, instrumen ORI021 memiliki beberapa keunggulan. Sebagai produk investasi yang dikeluarkan pemerintah, ORI021 sudah dijamin Undang-undang Surat Berharga Negara (SBN) dan UU APBN.

Hal itu membuat risiko default (gagal bayar) menjadi kecil karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo sudah dijamin.

Baca juga: Mau Beli ORI021? Begini Cara Pesannya

Selain itu dengan membeli ORI021, kamu ikut andil dalam menjaga Indonesia karena penjualan ORI021 digunakan untuk menutup defisit fiskal dan belanja program-program dalam APBN.

"Dengan membeli ORI021, kita ikut berpartisipasi secara aktif membangun negeri karena ORI021 dipakai untuk pembiayaan APBN, membeli vaksin, membiayai pendidikan, itulah pemanfaatan dari ORI021 ini," jelas Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Luky Alfirman.

Nah, bagi kamu yang memilih ORI021 sebagai instrumen investasi, kamu bisa membelinya melalui mitra distribusi yang bekerjasama dengan pemerintah. Pembelian bisa dimulai minimal Rp 1 juta dan maksimal Rp 2 miliar.

Mitra distribusinya sendiri ada 28, yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Permata Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Ada pula, PT Bank CIMB Niaga Tbk, PT Bank Mega Tbk, PT Bank OCBC NISP Tbk, PT Bank Panin Tbk, PT Bank DBS Indonesia, PT Bank HSBC Indonesia, PT Bank UOB Indonesia, PT Bank Commonwealth, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Victoria International Tbk, dan Standard Chartered Bank, Indonesia.

Sementara perusahaan efek yaitu Trimegah Sekuritas Indonesia, BRI Danareksa Sekuritas, dan PT Mandiri Sekuritas. Bila mau membeli melalui fintech, masyarakat bisa menghubungi Bareksa, Investree, FUNDtastic+, Tanamduit, Koinworks, Modalku, dan PT Bibit Tumbuh Bersama.

Segara kunjungi mitra distribusi untuk membeli ORI021. Untuk membeli, nantinya mitra distribusi akan mengarahkan beberapa hal. Setidaknya ada 4 tahap, yaitu registrasi/pendaftaran, pemesanan, pembayaran dan setelmen/konfimasi.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

Baca juga: Pahami Tujuan dan Bagaimana Proses Lahirnya Mata Uang ORI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.