Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Rapat Menteri G20, Belitung Butuh Ratusan Mobil Mercy dan Alphard

Kompas.com - 25/01/2022, 08:38 WIB
Heru Dahnur ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

BELITUNG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung membuka pilihan kerja sama dengan penyedia jasa (vendor) untuk pengadaan kendaraan VVIP selama pertemuan menteri pembangunan G20 pada 7- 9 September 2022.

Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobie mengatakan, kendaraan yang bakal disediakan tuan rumah berupa Mercedes Benz atau minimal Toyota Camry. Selain itu juga dibutuhkan kendaraan minibus sekelas Alphard untuk mengantarkan para tamu.

"Di Belitung setidaknya harus ada 50 mobil Mercedes Benz atau paling tidak Camry dan 100 lebih Alphard untuk melayani anggota delegasi yang hadir," ujar Isyak kepada Kompas.com, Minggu (23/1/2022).

Baca juga: Jelang KTT G20, Menhub Kebut Ekosistem Kendaraan Listrik

Isyak menuturkan, untuk memenuhi kendaraan VVIP tersebut, vendor kemungkinan akan mendatangkannya dari luar Bangka Belitung.

Saat ini pilihan untuk kerja sama sudah dibuka dan panitia bakal memilih vendor yang tepat untuk mobilisasi kegiatan berstandar internasional tersebut.

"Anggota delegasi saja diperkirakan sekitar 1.000 orang ditambah nantinya dari pemerintah pusat atau kementerian terkait semuanya hadir di Belitung," ujar Isyak.

Pemerintah telah menunjuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang sebagai pusat Development Working Group Government (DWG) G20 itu.

Hotel Sheraton dengan ketersediaan fasilitas paling lengkap ditunjuk sebagai lokasi penginapan.

Selain fasilitas kendaraan dan penginapan, Belitung juga mempersiapkan standar layanan rumah sakit dari tipe C menjadi tipe A bekerja sama dengan holding Pertamina.

Ada pun peserta yang hadir merupakan delegasi dari 20 negara (G20) serta perwakilan Uni Eropa dan sejumlah organisasi pemantau global.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah Rapat Menteri G20, Pemkab Belitung Gandeng Pertamina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com