Ajak Pengusaha Akses Kredit, Wamenkeu: Pengusaha yang Sehat Pasti Punya Utang...

Kompas.com - 25/01/2022, 14:16 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara berharap pelaku usaha mulai mengakses kredit ke perbankan.

Suahasil menilai, pengusaha yang sehat pasti memiliki utang. Sebab utang tersebut biasanya digunakan untuk mengekspansi bisnis sehingga pemulihan ekonomi pasca pandemi akan semakin kuat.

"Utang adalah alat kita. Pengusaha yang sehat pasti punya utang karena utang memungkinkan pengusaha untuk ekspansi. Moga-moga sebentar lagi (pengusaha) siap berutang ini, karena teman-teman pengusaha lihatnya asal ada demand, kita cari pembiayaan, gitu kan?," kata Suahasil dalam acara Indonesia Economic Outlook HIPMI, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Hipmi Ingatkan Pemerintah Waspadai Lonjakan Inflasi

Suahasil berharap, pengusaha sudah yakin pemulihan ekonomi sudah terlihat sehingga keinginan melakukan ekspansi mencuat.

Hal ini mampu mengerek pertumbuhan kredit di perbankan, meneruskan peningkatan sebesar 5,2 persen (year on year/yoy) pada akhir Desember 2021.

Adapun peningkatan sebesar 5,2 persen (yoy) pada tahun 2021 telah membaik dibanding tahun 2020.

Baca juga: Wamenkeu: Jangan Sampai Pengeluaran Pemerintah Ikut-ikutan Negatif

 

Meski, pertumbuhannya belum mencapai dobel digit seperti pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19.

"Kita ingin tumbuhnya double digit sehingga teman-teman dunia usaha punya sumber untuk membiayai ekspansi-ekspansi. Kreditnya kalau bisa tumbuh ke atas, tahun ini lebih dari 5,2 persen. Kita ingin dunia usaha lakukan ekspansi, sumbernya dari credit growth," jelas Suahasil.

Baca juga: Wamenkeu Yakin Defisit APBN 2021 Berada di Kisaran 5,1-5,5 Persen

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.