Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Setor Tunai di ATM BNI, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 26/01/2022, 06:30 WIB
Nur Jamal Shaid,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Nasabah Bank Negara Indonesia atau BNI memiliki beberapa pilihan dan cara setor tunai BNI. Selain di teller bank BNI, nasabah juga bisa menabung lewat ATM BNI setor tunai terdekat.

Kehadiran ATM setor tunai BNI terdekat tentu menjadi solusi bagi nasabah yang tidak mau mengantre di bank. Selain lebih praktis, cara setor tunai di ATM BNI bisa dilakukan kapan pun. Karena ATM BNI setor tunai terdekat beroperasi selama 24 jam.

Cara setor tunai di ATM BNI pun cukup mudah dan cepat. Nasabah hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana supaya uang yang disetor langsung masuk ke rekening.

Namun begitu, cara setor tunai di ATM BNI hanya bisa dilakukan oleh nasabah yang memiliki kartu debit atau kartu ATM. Cara setor tunai BNI pun hanya bisa dilakukan lewat ATM BNI dengan fitur Cash Deposit Machine (CDM) atau Cash Recycle Machine (CRM).

Baca juga: Apa Itu Produsen? Simak Pengertian, Fungsi dan Tujuannya

CDM adalah mesin ATM yang memiliki fitur utama sebagai transaksi setoran uang tunai. Sedangkan CRM adalah mesin ATM yang memiliki fungsi ATM tarik tunai, ATM non tunai, dan ATM setoran tunai.

Keberadaan ATM jenis CDM dan CRM memang tidak sebanyak ATM tunai pada umumnya. Biasanya, mesin ATM jenis ini tersedia di toko ritel modern, pusat perbelanjaan dan ATM di kantor cabang BNI.

Bagi nasabah yang ingin mengetahui cara setor tunai di ATM BNI (cara setor tunai BNI di ATM) lebih lanjut, simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum melakukan setor tunai BNI di ATM, pastikan kondisi uang yang akan disetor dalam kondisi yang baik, tidak terlipat, tidak sobek, tidak basah, dan tidak tertempel stripeless. Hal ini agar uang yang disetor tidak ditolak oleh mesin ATM.

Baca juga: Wamenkeu: Perbankan Bakal Lebih Selektif, Hanya Berikan Kredit buat Ekonomi Hijau

Kemudian, Anda juga harus memastikan uang yang hendak disetorkan merupakan pecahan Rp 100.000 atau Rp 50.000. Jika berhasil, yang disetor akan langsung masuk ke dalam rekening BNI Anda.

Cara menabung di ATM BNI setor tunai terdekat dengan mudah dan cepatKONTAN/Cheppy A. Muchlis Cara menabung di ATM BNI setor tunai terdekat dengan mudah dan cepat

Cara setor tunai di ATM BNI

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara setor tunai BNI lewat ATM:

  • Pertama, masukkan kartu debit Anda ke dalam mesin ATM BNI setor tunai.
  • Pilih bahasa yang akan digunakan selamat transaksi (bahasa Indonesia atau bahasa Inggris)
  • Masukkan nomor Personal Identification Number atau PIN ATM Anda.
  • Pilih menu "Setoran tunai".
  • Layar ATM akan menampilkan halaman syarat dan ketentuan. Tekan "Lanjutkan"
  • Pilih "Rekening Tabungan".
  • Secara otomatis, mesin ATM akan membuka tempat setor uang.
  • Masukkan uang yang akan disetor ke dalam tempat yang sudah disediakan.
  • Setelah selesai memasukkan uang, tempat setor uang secara otomatis akan tertutup dan mesin setor tunai akan menghitung uang yang telah dimasukkan.
  • Anda tunggu beberapa saat, layar ATM akan menampilkan halaman konfirmasi jumlah uang yang disetorkan.
  • Bila jumlahnya sesuai, tekan "Setor" untuk melanjutkan proses setoran tunai.
  • Layar ATM akan menampilkan notifikasi "Setoran Anda telah diterima" lalu mengeluarkan struk.
  • Transaksi setor tunai sudah berhasil. Klik "Tidak" untuk menyelesaikan transaksi, atau "Ya" jika masih ingin melanjutkan transaksi.
  • Jangan lupa ambil struk dan kartu debit sebelum meninggalkan ATM.

Baca juga: Menjaga Kondisi Ekonomi untuk Membuka Peluang Investasi di Indonesia

Tips aman bertransaksi melalui ATM BNI

  • PIN adalah milik pribadi dan tanggung jawab nasabah. Jangan beritahukan PIN Anda kepada siapapun. Pegawai bank tidak pernah meminta nasabah untuk memberitahukan PIN dalam kondisi apapun.
  • Demi keamanan, ganti PIN Anda secara berkala.
  • Saat mengetik PIN, tutupi tangan yang digunakan untuk menginput PIN dengan tangan Anda yang bebas atau dengan benda penutup lain agar orang lain tidak bisa melihat PIN Anda.
  • Waspadai penipuan bermodus membantu menyelesaikan masalah yang terjadi pada kartu Anda saat bertransaksi di ATM.
  • Jika terjadi permasalahan pada kartu anda, atau membutuhkan informasi lebih lajut terkait transaksi di ATM BNI, hubungi BNI Call di nomor 1500046 atau melalui ponsel di 021-1500046.

Baca juga: Menkop UKM Teten Masduki Sambut Inisiatif Bill Gates dan Filantropis Dunia Dukung UMKM Indonesia

Cara menabung di ATM BNI setor tunai terdekat dengan mudah dan cepatDok. BNI Cara menabung di ATM BNI setor tunai terdekat dengan mudah dan cepat

Itulah cara menabung di ATM BNI setor tunai terdekat secara mudah dan praktis. Bagi nasabah yang tidak mau antre di teller bank saat menabung, cara setor tunai di ATM BNI bisa menjadi pilihan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com