Kompas.com - 26/01/2022, 21:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.comInti masalah ekonomi adalah salah satu materi yang sering dibahas. Masalah ekonomi erat kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan manusia sehari-hari. Lalu apa itu masalah ekonomi?

Pada dasarnya, inti masalah ekonomi adalah terbatasnya sumber daya untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan beragam. Dengan kata lain, inti dari masalah ekonomi adalah kelangkaan (scarcity) atau terkadang disebut kekurangan (paucity).

Kelangkaan adalah suatu kondisi di mana manusia tidak mempunyai cukup sumber daya untuk memuaskan kebutuhannya.

Jika alat pemuas kebutuhan lebih sedikit dibandingkan kebutuhan manusia itu sendiri, maka tentu akan terjadi kelangkaan. Dengan demikian, inti masalah ekonomi adalah keadaan dimana kebutuhan manusia yang lebih besar daripada ketersediaan alat pemuas kebutuhan.

Baca juga: FMCG Insights Minta Kemenkes Dukung BPOM soal Pelabelan BPA Galon Air

Contoh dari masalah ekonomi adalah jika terjadi kelangkaan beras di Indonesia. Sementara nasi merupakan kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat kita.

Adapun kebutuhan manusia adalah segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, atau keinginan manusia yang harus dipenuhi, demi tercapainya kepuasan rohani maupun jasmani untuk keberlangsungan hidupnya. Kebutuhan ini dapat berupa barang ataupun jasa.

Faktor-Faktor yang memengaruhi masalah ekonomi

Dikutip dari laman Gramedia.com, dalam masalah ekonomi, manusia dihadapkan dengan tuntunan memenuhi kebutuhan hidup baik dari segi pangan, sandang hingga papan. Faktor-faktor yang memengaruhi masalah ekonomi sendiri di antaranya sebagai berikut:

1. Sumber daya alam (SDA)

Sumber daya alam adalah segala hal yang berasal dari alam dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seluruh manusia.

Baca juga: Bakal Terapkan Nontunai Nirsentuh, Pengendara Tak Lagi Berhenti di Gerbang Tol

Sumber daya alam dan kaitannya terhadap masalah ekonomi berhubungan erat dengan tersedia tidaknya bahan baku karena tingginya tingkat pertumbuhan penduduk. Saat bersamaan, semakin menyempitnya lahan sumber daya alam yang diperoleh.

2. Sumber daya manusia (SDM)

Faktor SDM meliputi ketersediaan tenaga kerja ahli dan profesional. SDM sebagai individu produktif yang bekerja sebagai penggerak suatu organisasi, baik dalam institusi maupun perusahaan.

SDM sebagai elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen sumber daya yang lain seperti modal, teknologi, karena manusialah yang berperan mengendalikan faktor lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.