Empat Kawasan Industri di Jatim dan PGN Kerja Sama Pemanfaatan Gas Bumi

Kompas.com - 27/01/2022, 16:46 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Demi meningkatkan penyediaan gas bumi di kawasan industri di Jawa Timur, PT PGN Tbk meneken kerja sama dengan empat kawasan industri di wilayah tersebut.

Memorandum of Understanding (MoU) & Head of Agreement (HOA) ("Perjanjian") kerja sama bisnis gas bumi, penyediaan pasokan dan infrastruktur gas bumi untuk kawasan industri di Jawa Timur tersebut diteken pada Kamis (27/01/2022).

Empat kawasan industri yang diajak kerja sama yakni PT Kawasan Industri Gresik untuk Kawasan Industri Tuban, PT Jakamitra Indonesia yang wilayah kerjanya berlokasi di Lamongan, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) yang wilayah kerjanya berada di Surabaya, Sidoarjo, dan Pasuruan. Serta, PT Kawasan Industri Maspion.

Baca juga: Eks Wamen ESDM Arcandra Tahar Sebut Gas Bumi Produk Energi Pilihan yang Ramah Lingkungan

Penandatanganan perjanjian dilaksanakan oleh Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto, Direktur Utama PT Kawasan Industri Gresik, Setyo Nugroho Haribowo, Direktur Pemasaran dan Pengembangan SIER, Silvester Budi Agung, Direktur Utama Maspion Alim Markus dan Direktur Utama PT Jakamitra Indonesia, Imam Utomo.

Direktur Utama PGN M Haryo Yunianto mengatakan bahwa perjanjian ini bertujuan untuk sejumlah hal. Antara lain, untuk mengkaji potensi kerja sama bisnis gas bumi PGN dan keempat kawasan industri.

Juga, rencana penyediaan gas bumi beserta turunannya baik gas pipa, CNG, ataupun LNG sebagai pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan energi tenant yang berada di dalam kawasan industri.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Gas Bumi, Apa Bedanya LPG, LNG, dan CNG?

"Beberapa fungsi yang bisa dikolaborasikan, bahwa kita terbuka (bagi kawasan industri) untuk ikut masuk dalam layanan bisnis gas bumi, sehingga kolaborasi dengan kawasan industri bisa sebagai strategic partner dan dapat berkontribusi menambahkan layanan yang lebih baik," kata Haryo melalui keterangannya, Kamis (27/1/2022).

Menurut Haryo, di wilayah Jawa Timur, potensi pasar masih dapat berkembang. Dia mengestimasi dari kerja sama dengan empat kawasan industri ini berpotensi meningkatkan volume gas bumi sebesar 5-7 BBTUD hingga penambahan pengelolaan infrastruktur gas bumi sekitar 30 km.

“PGN optimis dengan infrastruktur yang terintegrasi dapat mempercepat akses gas bumi yang handal di Jawa Timur," katanya.

Menurut dia, sinergi dengan KIG, Jakamitra, Maspion, maupun SIER akan semakin memacu upaya realisasi pemakaian energi bersih serta akses gas bumi yang merata, ramah lingkungan, serta sebagai solusi dimasa transisi energi saat ini.

Baca juga: PGN Antisipasi Lonjakan Kenaikan Konsumsi Gas Bumi di Akhir Tahun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.