Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/01/2022, 17:52 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mendirikan bisnis dari hobi memang terdengar sederhana dan menyenangkan. Selain bisa berkarya sesuai minat, pebisnis juga bisa mendapatkan sumber penghasilan.

Kendati demikian, kemewahan tersebut tentu memiliki berbagai tantangan. Sebab, “mengkomersilkan” hobi tidak hanya mengandalkan minat dan kreativitas, tapi juga naluri bisnis yang tajam agar bisnis yang ditekuni dapat menghasilkan keuntungan.

Hal tersebut seperti disampaikan para narasumber ShopeePay Talk, yakni CEO sekaligus Co-Founder Suwe Ora Jamu Nova Dewi, Co-Founder Goban Cosmetics Angel Chyntia, serta Founder of OMG Consulting and Co-Founder of Inspigo Yoris Sebastian dalam acara yang bertajuk "Ubah Hobi Jadi Bisnis, Kenapa Enggak?”, Kamis (27/1/2022).

Berkaca dari kisah perjalanan pebisnis yang mengubah hobi menjadi bisnis, berikut adalah tiga strategi yang dapat diterapkan dalam membangun bisnis berbasis hobi:

1. Tentukan skala prioritas

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis dari hobi adalah memposisikan diri antara hobi yang digemari dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan.

Baca juga: Kunci Keberhasilan Pebisnis Pemula adalah Pendampingan

Dalam menjawab tantangan tersebut, pebisnis harus mampu berpikir objektif dan beradaptasi dengan menerapkan mindset pebisnis.

Dalam hal ini, pebisnis harus sadar bahwa hobi yang dijalani kini bukan lagi kegemaran pribadi, tetapi sebuah bisnis yang menyangkut kepentingan banyak pihak. Untuk itu, diperlukan strategi bisnis yang matang.

Hal tersebut diakui Nova ketika hobi meracik jamu hingga membangun brand Suwe Ora Jamu. Dia mengatakan, meski Suwe Ora Jamu berdiri atas dasar kecintaan terhadap jamu, perjalanannya tidak luput dari permasalahan bisnis.

“Salah satu hal yang selalu saya terapkan apabila dihadapkan pada sebuah tantangan bisnis adalah menyusun skala prioritas, mana yang memberikan dampak lebih besar pada bisnis,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Dalam membangun skala prioritas, kata Nova, dia harus menanamkan mindset sebagai seorang pebisnis, bukan lagi sekadar penggiat hobi.

Baca juga: 6 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pebisnis Pemula

Menurutnya, memasang mindset yang lebih strategis, holistik, dan berorientasi pada bisnis adalah suatu hal yang penting bagi para pebisnis.

“Pendelegasian tugas juga menjadi suatu hal yang krusial ketika hobi sudah berkembang menjadi bisnis yang semakin sustainable,” terangnya.

2. Eksplorasi hobi untuk menghindari kejenuhan

Tanpa adanya manajemen bisnis dan profesionalitas, bisnis yang berawal dari hobi dapat menjadi bumerang dan beban.

Bahkan, hobi yang awalnya menyenangkan dan mendatangkan kebahagiaan justru bisa mengundang kejenuhan.

Demi menghindari kedua hal tersebut, pebisnis dapat menantang diri untuk menggali hal-hal baru yang belum pernah disentuh sebelumnya.

Baca juga: 5 Kunci Sukses dalam Membangun Bisnis ala Dapur Solo

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com