Kompas.com - 27/01/2022, 17:52 WIB

KOMPAS.com – Mendirikan bisnis dari hobi memang terdengar sederhana dan menyenangkan. Selain bisa berkarya sesuai minat, pebisnis juga bisa mendapatkan sumber penghasilan.

Kendati demikian, kemewahan tersebut tentu memiliki berbagai tantangan. Sebab, “mengkomersilkan” hobi tidak hanya mengandalkan minat dan kreativitas, tapi juga naluri bisnis yang tajam agar bisnis yang ditekuni dapat menghasilkan keuntungan.

Hal tersebut seperti disampaikan para narasumber ShopeePay Talk, yakni CEO sekaligus Co-Founder Suwe Ora Jamu Nova Dewi, Co-Founder Goban Cosmetics Angel Chyntia, serta Founder of OMG Consulting and Co-Founder of Inspigo Yoris Sebastian dalam acara yang bertajuk "Ubah Hobi Jadi Bisnis, Kenapa Enggak?”, Kamis (27/1/2022).

Berkaca dari kisah perjalanan pebisnis yang mengubah hobi menjadi bisnis, berikut adalah tiga strategi yang dapat diterapkan dalam membangun bisnis berbasis hobi:

1. Tentukan skala prioritas

Salah satu tantangan yang dihadapi ketika membangun bisnis dari hobi adalah memposisikan diri antara hobi yang digemari dengan bisnis yang harus terus berjalan dan dikembangkan.

Baca juga: Kunci Keberhasilan Pebisnis Pemula adalah Pendampingan

Dalam menjawab tantangan tersebut, pebisnis harus mampu berpikir objektif dan beradaptasi dengan menerapkan mindset pebisnis.

Dalam hal ini, pebisnis harus sadar bahwa hobi yang dijalani kini bukan lagi kegemaran pribadi, tetapi sebuah bisnis yang menyangkut kepentingan banyak pihak. Untuk itu, diperlukan strategi bisnis yang matang.

Hal tersebut diakui Nova ketika hobi meracik jamu hingga membangun brand Suwe Ora Jamu. Dia mengatakan, meski Suwe Ora Jamu berdiri atas dasar kecintaan terhadap jamu, perjalanannya tidak luput dari permasalahan bisnis.

“Salah satu hal yang selalu saya terapkan apabila dihadapkan pada sebuah tantangan bisnis adalah menyusun skala prioritas, mana yang memberikan dampak lebih besar pada bisnis,” katanya seperti keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis.

Dalam membangun skala prioritas, kata Nova, dia harus menanamkan mindset sebagai seorang pebisnis, bukan lagi sekadar penggiat hobi.

Baca juga: 6 Tips Sukses Berbisnis Online untuk Pebisnis Pemula

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.