Jokowi Ungkap 3 Investasi Kabel Bawah Laut, Hubungkan RI dengan Pantai Barat AS

Kompas.com - 28/01/2022, 08:45 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan, saat ini ada tiga investasi pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut.

Mantan Wali Kota Solo ini menuturkan investasi ini bakal mendorong interkonektivitas global. Pasalnya, pembangunan kabel bawah laut akan menghubungkan RI langsung dengan pantai barat Amerika Serikat (AS).

"Saat ini ada 3 investasi pembangunan kabel telekomunikasi bawah laut yang sedang berproses yang menghubungkan Indonesia langsung dengan pantai barat AS tanpa ada negara perantara," kata Jokowi dalam Inception Meeting B20 di Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Baca juga: Di Hadapan Tony Blair, Jokowi Tegaskan Tak Mau Ekspor Bahan Mentah

Tingkatkan kapasitas bandwidth Indonesia

Jokowi menjelaskan, pemasangan kabel bawah laut ini akan meningkatkan kapasitas bandwidth Indonesia lebih dari 100 persen, setelah semuanya selesai.

Adapun pembangunan kabel bawah laut merupakan salah satu cara pemerintah mengembangkan teknologi digital di Tanah Air. Jokowi bilang, Indonesia memberikan perhatian serius pada sektor tersebut, utamanya saat pandemi Covid-19.

"Indonesia memberikan perhatian serius pada pengembangan teknologi digital, terutama yang mempunyai kontribusi langsung kepada pemberdayaan UMKM dan pengembangan SDM," ungkap Jokowi.

Baca juga: Soal Pipa dan Kabel Bawah Laut, Luhut: Jangan Kita Pura-pura Bodoh

Ekonomi digital

Menurutnya, Indonesia sangat menarik untuk menjadi tempat investasi infrastruktur ekonomi digital. Sebab, negara ini memiliki jumlah penduduk yang besar dengan daya beli yang terus meningkat.

Saat ini saja, RI sudah memiliki 1 decacorn dan 8 unicorn. Sejak awal pandemi, pemerintah mendorong sektor UMKM memanfaatkan sektor digital dalam memasarkan produknya.

"Kami ingin mengundang investasi yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari transformasi ekonomi digital," tandas Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.