Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2022, 19:09 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren harga emas turun dalam dua hari terakhir, baik di tingkat global maupun domestik.

Pada perdagangan Kamis (27/1/2022) harga emas berjangka anjlok 36,6 dollar AS atau 2,0 persen ke level 1.793,10 per troy ounce.

Namun, pada perdagangan hari ini, Jumat (28/1/2022) harga emas di tingkat global mulai membaik dengan terpantau menguat tipis 0,06 persen atau 1,1 poin ke level 1.796,1 per troy ounce.

Baca juga: Jelang Akhir Pekan, Harga Emas Antam Anjlok Lagi Rp 8.000 Per Gram

Sementara pada pasar domestik, harga emas Antam pun terpantau anjlok Rp 10.000 per gram di Kamis dan berlanjut turun Rp 8.000 menjadi Rp 930.000 per gram pada Jumat.

Lalu apa yang jadi penyebab harga emas anjlok?

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan anjloknya harga emas pada Kamis kemarin disebabkan keputusan Bank Sentral Amerika Serikat atau Federal Reserve (The Fed) yang mengindikasikan akan menaikan suku bunga acuan pada Maret 2022.

"Ini yang membuat para spekulan langsung beralih dari yang tadinya ke emas menjadi ke indeks dollar," ungkapnya kepada Kompas.com, Jumat (28/1/2022).

Menurutnya, penurunan ini akan berlanjut setidaknya hingga perdagangan pada Senin (31/1/2022) mendatang. Namun ia meyakini penurunan hanya akan bersifat sementara, sebab ada kondisi geopolitik di global yang bisa memicu kenaikan harga emas.

Baca juga: Mau Ikut Lelang Bazaar Emas Pegadaian Saban Jumat? Ini Jadwal dan Syaratnya

Ibrahim menjelaskan, jika konflik antara Rusia dan Ukraina memanas dan memicu terjadinya perang di Februari atau Maret maka kemungkinan besar The Fed tidak akan menaikkan suku bunga acuannya.

Hal itu akan direspons oleh para pelaku pasar dengan beralih ke emas, sehingga akan membuat harganya kembali meningkat. Ia memperkirakan, ke depannya harga emas akan kembali ke level 1.800-an dollar AS per troy ounce. .

"Ini yang sebenarnya akan mengangkat sentimen positif terhadap logam mulia atau emas dunia. Kalau seandainya terjadi geopolitik ini kemungkinan besar harga emas akan melambung kembali, dollar akan kembali melemah," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ibrahim memperkirakan jika harga emas bisa bangkit menyetuh ke level 1.854 dollar AS per troy ounce, maka ada potensi melanjutkan peningkatan ke level 1.923 dollar AS per troy ounce, bahkan menyentuh level level 2.000-an dollar AS per troy ounce.

"Nah di 2.000 kalau seandainya situasi geopolitik masih terus memanas maka ini akan meluncur ke 2.150, yang mungkin menjadi level terkahir yang tertinggi di 2022," jelas dia.

Melihat pergerakan harga emas tersebut, Ibrahim pun menyarankan untuk masyarakat yang memiliki dana cukup bisa berinvestasi di emas ketikda harganya sedang rendah. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah emas merupakan jenis investasi jangka panjang jika ingin mendulang untung yang maksimal.

"Jadi mendingan beli, kalau punya duit beli saja emas," pungkas Ibrahim.

Baca juga: Tips Memulai Investasi Emas bagi Pemula di Awal Tahun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com