Kembangkan Kerja Sama Sektor Energi, UGM Gandeng Subholding Gas Pertamina

Kompas.com - 28/01/2022, 19:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan subholding gas Pertamina, PT PGN Tbk, meneken kerja sama pengembangan kapabilitas sektor energi di Ruang Sidang Pimpinan UGM, Yogyakarta, Jumat (28/1/2022). 

Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Rektor UGM Panut Mulyono dan CEO PGN Subholding Gas M Haryo Yunianto.

Menurut Haryo, kerja sama dua belah pihak ke depan meliputi bidang pendidikan, bidang penelitian, bidang pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia. 

Baca juga: Wamen BUMN: Langkah Transisi Energi Harus Konkret..

Kerja sama tersebut, lanjutnya, juga memberikan peluang untuk bentuk kerja sama lain yang potensiaI dilakukan oleh kedua belah pihak.

Kerja sama ini juga penting di tengah upaya Indonesia melakukan transisi energi menuju energi baru terbarukan. Dia menilai, gas bumi memiliki peluang untuk dapat memenuhi kebutuhan akan energi bersih Indonesia. 

"Gas bumi sebagai salah satu alternatif sumber energi bersih, dengan karakter sebagai energi fosil yang paling bersih jika dibandingkan sumber energi terbarukan lain," kata Haryo melalui keterangannya ke Kompas.com, Jumat (28/1/2022). 

"Gas bumi dapat menjadi peluang yang bisa dimaksimalkan oleh PGN. Inti kerja samanya adalah riset, kami akan bersama-sama mengkaji strategi yang terbaik,” lanjut Haryo.

Ia berharap, dari kerja sama dengan UGM ini dapat mendorong percepatan transformasi sektor energi dari ketergantungan pada bahan bakar fosil ke era baru energi yang terbarukan dengan gas bumi mengisi masa transisi energi tersebut.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Gas Bumi, Apa Bedanya LPG, LNG, dan CNG?

Sebagai informasi, sebelumnya pada 2019 silam, PGN dan UGM juga telah melakukan penandatanganan kerja sama. 

Yakni, melalui program beasiswa pendidikan dan dana bantuan proyek peta udara.

"Diharapkan dari kerja sama ini dapat meningkatkan kesempatan SDM hasil didikan UGM untuk mendapatkan akses lebih ke dunia kerja maupun berkontribusi lebih dalam industri energi pasca-kelulusan," ujar Rektor UGM Panut Mulyono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.