Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir: Saya Ingin TJSL BUMN Tidak Saling Bersaing

Kompas.com - 30/01/2022, 16:06 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta perusahaan-perusahaan pelat merah bisa mengalokasikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bisa fokus pada tiga sektor.

Ketiga sektor itu yakni pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup. Secara rinci terkait pemerataan pendidikan berkualitas agar anak-anak Indonesia mendapat kemudahan dan akses ilmu pengetahuan serta teknologi.

Kemudian pemberdayaan UMKM dan ultra mikro untuk naik kelas, serta lingkungan hidup yang difokuskan untuk pelestarian alam dan penghijauan.

Baca juga: Erick Thohir Ingin CSR BUMN Fokus ke Pendidikan, UMKM dan Lingkungan Hidup

"Program TJSL di BUMN difokuskan pada sektor pendidikan, UMKM, dan lingkungan hidup," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/1/2022).

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian BUMN pun membentuk Forum TJSL BUMN yang diresmikan Erick pada Sabtu (29/1/2022) kemarin. Menurutnya, Forum TJSL merupakan implementasi konkret dari core values, Akhlak, yakni kata harmonis dan kolaboratif.

"Saya ingin TJSL BUMN tidak berjalan sendiri-sendiri maupun saling bersaing. Kegiatan TJSL BUMN harus disatukan (dikelola) dengan baik demi menciptakan harmoni rasa dan bisa memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat," jelas dia.

Baca juga: Sering Dicari untuk Instrumen Investasi, Apa Itu Emas Antam?

Ia menambahkan, pelaksanaan TJSL harus mempertimbangkan tujuan pembangunan berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat.

Erick Thohir mencontohkan seperti yang dilakukan PLN, dalam pengembangan PLTU yang menghasilkan limbah sisa pembakaran batu bara, namun bisa dimanfaatkan masyarakat membuat batako dan membangun rumah.

"Ingat, BUMN bukan lagi pesaing para kreator atau inovator lokal. Namun menjadi bagian bersama, dalam penguatan Indonesia yang merdeka berdaulat," kata dia.

"Saya berharap, inovasi dan terobosan TJSL BUMN bisa ambil peran penting bagi Indonesia menghadapi tiga tantangan yakni pasar global, disrupsi digital, dan ketahanan kesehatan," pungkas Erick Thohir.

Baca juga: 9 Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris supaya Dilirik HRD

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com