Cara Membuat dan Contoh CV Lamaran Kerja yang Menarik HRD

Kompas.com - 30/01/2022, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Curriculum Vitae atau CV lamaran kerja adalah dokumen yang berisikan pengalaman dan keahlian kerja seseorang saat melamar pekerjaan. Bagaimana contoh CV yang menarik HRD?

Dalam mencari pekerjaan, seorang pelamar kerja tidak hanya membuat surat lamaran kerja tetapi juga CV lamaran kerja. CV adalah daftar riwayat hidup yang memuat informasi lengkap identitas pelamar kerja.

Umumnya, CV lamaran kerja berisikan informasi dasar identitas pelamar kerja, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan keahlian atau keterampilan yang dimiliki.

Melalui CV lamaran kerja, perusahaan dapat menilai kemampuan pelamar kerja dan menjadi penentu cocok atau tidak dengan posisi yang dilamar sebelum dipanggil untuk interview kerja.

Baca juga: 6 Persyaratan Lamaran Kerja yang Umum Diminta Perusahaan

Oleh karenanya CV harus dibuat selengkap mungkin agar bisa merepresentasikan kelebihan seorang pelamar kerja. Selain itu, CV lamaran kerja juga harus dibuat semenarik mungkin.

Untuk itu artikel ini akan membahas cara membuat CV yang menarik HRD beserta contoh CV.

Tips membuat CV lamaran kerja menarik

Jika ingin membuat CV yang menarik HRD, pelamar kerja dapat mencari bebagai macam contoh CV lamaran kerja di internet, baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris.

Bahkan beberapa aplikasi juga menyediakan template CV lamaran kerja yang akan memudahkan pelamar kerja dalam membuat CV yang menarik HRD..

Untuk menciptakan kesan positif, CV lamaran kerja dapat dibuat dengan memasukkan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar. Desain CV yang unik dan cantik akan lebih menarik perhatian HRD perusahaan.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Surat Lamaran Pekerjaan?

Bagaimana cara membuat CV yang menarik HRD? Pastikan CV lamaran kerja yang dibuat mengikuti tips di bawah ini:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.