Cuma 5 Menit Buat CV Online Gratis dari Ponsel

Kompas.com - 31/01/2022, 06:07 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Membuat curriculum vitae atau CV lamaran kerja kini sangat mudah karena ada website dan aplikasi membuat CV gratis.

CV lamaran kerja memang tidak boleh dibuat sembarangan. Pasalnya, CV dan surat lamaran kerja menjadi hal yang pertama dilihat perusahaan dari seorang pelamar kerja.

CV harus mendeskripsikan kelebihan pelamar kerja tapi di sisi lain juga harus dibuat seringkas mungkin. Sebab, jika terlalu panjang akan menyulitkan perusahaan untuk membacanya.

Isi dari CV lamaran kerja biasanya berupa nama lengkap, usia, domisili, kontak yang bisa dihubungi, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, keahlian, dan pengalaman organisasi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Surat Lamaran Pekerjaan?

Namun, pelamar kerja tidak perlu memasukkan informasi yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, seperti hobi, golongan darah, dan status pernikahan.

Selain informasi yang detail dan ringkas, CV lamaran kerja juga harus didesain semenarik mungkin agar menarik mata perusahaan.

Aplikasi membuat CV online gratis

Kini pelamar kerja tidak harus jago dalam hal desain untuk bisa membuat CV yang menarik. Pasalnya, sudah banyak aplikasi yang memudahkan untuk buat CV online gratis.

Dengan menggunakan aplikasi buat CV ini, pelamar kerja bisa memilih desain CV lamaran kerja sesuai yang diinginkan dan mengeditnya melalui ponsel. Lalu bagaimana membuat CV online gratis dari ponsel?

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Berikut deretan aplikasi buat CV online gratis dari ponsel yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store:

1. Canva

Aplikasi Canva menyediakan fitur buat CV online gratis bagi penggunanya. Template CV lamaran kerja di aplikasi ini sangat beragam dan unik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.