Contoh Cover Letter Bahasa Inggris agar HRD Terkesan

Kompas.com - 31/01/2022, 11:31 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Contoh cover letter Bahasa Inggris banyak dicari para pelamar kerja. Pasalnya, cover letter adalah elemen penting saat melamar pekerjaan.

Selama ini, pelamar kerja selalu berusaha mempercantik curriculum vitae (CV) tapi lupa untuk memperbaiki surat pengantar atau cover letter-nya.

Cover letter ini kerap diremehkan fungsinya oleh pelamar kerja karena dianggap hanya berfungsi sebagai pengantar saja dan hanya dibaca sekilas oleh perusahaan.

Padahal meskipun CV yang dibuat semenarik mungkin, sedangkan cover letter dibuat asal-asalan, kemungkinan besar membuat perusahaan menjadi malas untuk melanjutkan membuka CV pelamar kerja.

Oleh karenanya, sebelum melihat contoh cover letter Bahasa Inggris, ada baiknya mengetahui pengertian cover letter.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik di Microsoft Word

Pengertian cover letter

Cover letter adalah surat pengantar yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Jadi, cover letter adalah hal pertama yang dilihat perusahaan dari dokumen lamaran kerja yang dikirim.

Oleh karenanya, cover letter harus dibuat semenarik mungkin agar bisa membujuk perusahaan untuk membaca CV yang dikirimkan dan memanggil untuk wawancara kerja.

Jika CV berisi rincian pendidikan, pengalaman, dan keterampilan pelamar kerja, maka isi cover letter adalah minat pelamar kerja terhadap posisi yang dilamar dan menjelaskan alasan melamar posisi tersebut.

Cover letter biasanya hanya 1 halaman saja dan tidak panjang. Jadi pastikan tulis dengan ringkas, jelas, dan tersusun rapi.

Baca juga: Cuma 5 Menit Buat CV Online Gratis dari Ponsel

Referensi contoh cover letter bahasa inggris yang baik agar cepat dipanggil interview. Cover letter adalah surat pengantar yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.freepik.com/pch.vector Referensi contoh cover letter bahasa inggris yang baik agar cepat dipanggil interview. Cover letter adalah surat pengantar yang dikirimkan bersamaan dengan surat lamaran kerja.

Contoh cover letter Bahasa Inggris

Jika sudah memahami cover letter adalah elemen penting dalam melamar kerja, simak contoh cover letter Bahasa Inggris berikut ini untuk menjadi referensi Anda.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.