Perbedaan Emas Antam dan UBS, dari Ukuran hingga Harga

Kompas.com - 31/01/2022, 13:02 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Investasi emas adalah salah satu instrumen investasi yang banyak diminati. Selain karena tahan terhadap inflasi dan termasuk aset likuid, investasi emas juga cukup mudah dilakukan.

Bagi Anda yang berminat investasi emas dalam bentuk emas batangan, ada dua merek yang umum tersedia di pasar logam mulia di Indonesia. Keduanya adalah Antam dan UBS. Lantas apa perbedaan emas Antam dan UBS?

Perbedaan emas Antam dan UBS setidaknya bisa dilihat dari beberapa aspek. Mulai dari produsen, ukuran, sertifikat, pembelian, dimensi, market, sampai harga emas.

Sebagai contoh, harga emas Antam 1 gram tentu akan berbeda dengan harga emas UBS. Tentunya, dengan mengenal perbedaan emas Antam dan UBS ini bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum memulai investasi emas.

Baca juga: Contoh Cover Letter Bahasa Inggris agar HRD Terkesan

Secara lebih rinci, berikut beberapa perbedaan emas Antam dan UBS:

1. Produsen

Logam mulia Antam atau emas Antam adalah emas yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk. Perusahaan tambang ini sebelumnya merupakan BUMN sebelum kemudian sahamnya dialihkan pemerintah menjadi anak perusahaan PT Inalum (Persero) sebagai anggota holding.

Sementara UBS merupakan emas yang dikeluarkan oleh PT Untung Bersama Sejahtera yang merupakan perusahaan swasta pembuat berbagai perhiasan emas yang sudah berdiri sejak tahun 1981 di Surabaya. Tidak hanya emas, perusahaan ini juga memiliki brand perhiasan, Venus dan Starshine.

2. Ukuran

Produk emas batangan yang dikeluarkan Antam (emas Antam) terdiri dari dari ukuran 0,5 gram, 1 gram, 2 gram, 2,5 gram, 3 gram, 4 gram, 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, dan yang paling berat hingga 1.000 gram atau 1 kilogram.

Baca juga: 10 Orang Terkaya Dunia Kehilangan Miliaran Dollar AS kecuali Warren Buffett, Kok Bisa??

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.