Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, 10 Startup Indonesia untuk Disuntik 100.000 Dollar AS

Kompas.com - 31/01/2022, 20:55 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pendanaan startup atau perusahaan rintisan di Indonesia menunjukkan geliat yang semakin kencang.

Kini, ada kesempatan baru startup Indonesia mendapat pendanaan setidaknya sebesar 100.000 dollar AS.

Pendanaan tersebut bisa didapatkan melalui program dari Tunnelerate, yang dibentuk salah satu pendiri TaniHub Group Ivan Arie Sustiawan dan ketiga partnernya Bharat Ongso, Riswanto, dan Ayunda Afifa, pada akhir tahun 2021 kemarin.

Baca juga: BCA Siapkan Rp 400 Miliar untuk Suntik Modal ke Startup

Misi utama Tunnelerate adalah mempercepat perjalanan pengembangan bisnis rekan-rekan pendiri startup di Indonesia melalui ragam bentuk dukungan tanpa batas.

Founding & Managing Partner Tunnelerate Ivan Arie berkisah, saat dulu memulai TaniHub Group, ia melihat ‘mahalnya’ akses bagi pendiri startup yang mungkin tidak semuanya memiliki hubungan dengan pemilik dana.

“Tidak hanya pendanaan, founders itu sosok-sosok yang ‘haus’ dengan ilmu, sehingga akses pada the right mentors atau experienced sources, tidak kalah penting. Karena itu kami gabungkan semuanya di dalam Tunnelerate,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (31/1/2022).

Tunnelerate hadir dengan konsep yang diyakini memberi ruang bagi para founders untuk tetap fokus pada apa yang harus menjadi perhatian utama nya, yakni membangun product yang dicintai user/customers.

Tidak ada biaya yang dibebankan pada pendiri startup untuk mengikuti program ini. Sebaliknya, tim Tunnelerate fokus membangun partnership dengan Perusahaan, institusi, baik privat ataupun badan pemerintah, yang ingin ambil bagian dalam Batch 1 Accelerator Program, guna memastikan dukungan penuh jangka panjang bagi startup yang ikut di dalamnya.

Baca juga: Sequoia Capital hingga Alphabet Suntik Startup Lummo Rp 1,14 Triliun

“Mendirikan startup itu komitmen berat, sehingga kami yakin yang co-founders butuhkan di masa-masa awal atau ‘early days’ adalah dukungan holistik dan menyeluruh,” tambah Ivan Arie.

“Dengan program yang akan dimulai di 16 Mei sampai dengan 22 Juli 2022 nanti, kami optimis dapat memastikan level the playing field bagi semua dreamers and doers out there,” tambah Ivan Arie.

Dengan masa pendaftaran yang dibuka sejak 24 Januari sampai dengan 15 April 2022 nanti, Tunnelerate mengajak lebih banyak lagi rekan-rekan pendiri startup di seluruh pelosok Indonesia untuk ambil bagian dalam perjalanan ini.

Rangkaian kegiatan dilakukan tim Tunnelerate termasuk ‘menjemput bola’ dengan mendatangi kota-kota di luar Jakarta dan mengundang founders lokal yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang Program ini.

Baca juga: Kolaborasi dengan Startup, Erick Thohir Mau Hadirkan BUMN Day

Komitmen Tunnelerate untuk mendukung startup tahap awal di Indonesia akan dilakukan melalui program akselerator perdana yang akan dilakukan di 16 Mei 2022 mendatang.

Sampai dengan 10 perusahaan rintisan terpilih akan berpotensi mendapatkan pendanaan masing-masing senilai 100.000 dollar AS dan akses seumur hidup pada ekosistem jaringan Tunnelerate.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com