Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Baik dan Benar

Kompas.com - Diperbarui 22/06/2022, 22:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSurat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting saat akan melamar suatu pekerjaan. Biasanya, surat lamaran kerja dilampirkan bersama daftar riwayat hidup atau CV individu pelamar kerja.

Pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar tentu menjadi hal penting. Pasalnya, surat lamaran kerja kerap menjadi pertimbangan HRD atau perekrut agar pelamar kerja bisa lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

Surat lamaran kerja adalah surat resmi yang dibuat oleh seseorang yang sedang mencari, atau membutuhkan pekerjaan yang ditujukan kepada pimpinan perusahaan, atau institusi tempat kerja yang dituju. Tentu, perusahaan atau institusi tersebut sedang membuka lowongan kerja.

Secara umum, surat lamaran kerja berisi data diri hingga alasan melamar pekerjaan. Karena surat lamaran kerja adalah dokumen resmi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya penggunaan tata bahasa yang baik, format penulisan, sampai keseluruhan isi surat lamaran kerja.

Baca juga: Tahun Ini PLN Konversi PLTD Kapasitas 250 MW Jadi PLTS

Supaya lebih rapi, surat lamaran kerja bisa diketik di Microsoft Word. Namun demikian, Anda juga menulis langsung surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja tulis tangan biasanya digunakan saat melamar sebagai CPNS, pabrik, toko retail, dan lainnya.

Adapun format penulisan dalam surat lamaran kerja harus mencakup bagian pembuka, isi surat lamaran kerja, dan bagian penutup. Berikut langkah-langkah menulis surat lamaran kerja tulis tangan selengkapnya:

  • Gunakan kertas HVS atau kertas folio
  • Jika menulis di kertas HVS, lapisi kertas tersebut menggunakan kertas folio. Fungsi folio agar bisa memberikan patokan berupa garis sehingga tulisan tetap lurus.
  • Jangan menggunakan tipe x untuk menghapus kesalahan tulisan. Bila salah, ulang kembali menulis surat lamaran tersebut.
  • Jangan lupa mencantumkan tanggal penulisan dan isi serta penutup surat dalam bahasa yang baik sesuai Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
  • Jangan lupa menuliskan alamat perusahaan yang dituju dan kepada siapa surat tersebut ditujukan.
  • Jelaskan kemampuan dan keterampilan yang kamu miliki untuk mendukung lamaran kerjamu.
  • Tulis dengan tulisan tangan yang rapi agar mudah dibaca oleh penerima.

Baca juga: Investasi Manufaktur Tembus Rp 325,4 Triliun, Menperin: Sinyal Penting bagi Ekonomi Indonesia

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan yang bisa menjadi acuan:

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan 1

Jakarta, 5 Januari 2022

Kepada Yth,

HRD Bapak/Ibu Personalia

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.