Melesat 75,53 Persen, BRI Bukukan Laba Bersih Rp 32,2 Triliun pada 2021

Kompas.com - 03/02/2022, 10:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) mencatatkan kinerja bisnis positif sepanjang tahun 2021. Hal ini terefleksikan dari laba bersih perseroan yang melesat.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, pada 2021 perseroan mampu membukukan laba bersih bank only sebesar Rp 32,22 triliun. Realisasi ini tumbuh 75,53 persen secara tahunan (year on year/yoy).

"Di tengah upaya pemulihan ekonomi nasional BRI berhasil menutup tahun 2021 dengan gemilang," ujar dia, dalam konferensi pers, Kamis (3/2/2022).

Baca juga: Rencana Buyback Saham BRI Diyakini Tidak Pengaruhi Kondisi Keuangan Perseroan

Pertumbuhan laba tersebut selaras dengan pendapatan bunga BRI yang meningkat 9 persen menjadi Rp 119,8 triliun pada tahun lalu. Pada saat bersamaan, beban bunga BRI menurun 31 persen secara yoy menjadi Rp 24 triliun.

Dengan torehan tersebut, bank dengan kode emiten BBRI itu mampu membukukan pendapatan bunga bersih sebesar RP 95,82 triliun, meningkat 28 persen secara yoy.

Dari sisi penyaluran kredit, BRI mencatatkan pertumbuhan sebesar 7,16 persen secara yoy menjadi Rp 943,7 triliun. Segmen mikro menjadi segmen pertumbuhan paling tinggi, yakni 12,98 persen secara yoy, diikuti konsumsi 3,97 persen, kecil dan menengah 3,55 persen, serta korporasi 2,37 persen.

Baca juga: BRI Berencana Buyback Saham Sebesar Rp 3 Triliun, Ini Alasannya

"Kemudian kredit-kredit itu kita kelola dengan risk based management yang baik dengan NPL 3,08 persen," kata Sunarso.

Dari sisi penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) BRI juga membukukan pertumbuhan sebesar 7 persen menjadi Rp 1.127 triliun pada 2021, di mana dana murah (current account saving account/CASA) murah mendominasi dengan nilai sebesar Rp 713,97 triliun, tumbuh 11 persen yoy, sementara deposito naik tipis yakni 1 persen yoy menjadi Rp 413,87 triliun.

Baca juga: Belum Semua Masyarakat Melek Digital, BRI Kembangkan Layanan Hybrid Bank

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.