Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Undangan Online Interview? Yuk Simak Tips Interview Kerja Ini

Kompas.com - 04/02/2022, 05:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Interview atau wawancara adalah tahap seleksi karyawan yang paling penting. Meski sejak pandemi Covid-19 interview kerja dilakukan secara online tapi tetap tidak mengurangi fungsinya.

Mengutip buku 77 Jurus Jitu Lolos Tes Wawancara Kerja oleh Sylvina Savitri, interview adalah metode tes yang tidak bisa digantikan dengan alat tes model apapun dalam melakukan seleksi penerimaan karyawan baru.

Pasalnya, petinggi perusahaan pasti ingin mengetahu lebih dalam dan melihat kecocokan calon karyawan yang akan bergabung dengan timnya.

Oleh karenanya, wajar bila pelamar kerja mempersiapkan diri sebaik mungkin agar bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari perusahaan.

Baca juga: 10 Pertanyaan Interview Kerja dan Jawabannya

Apalagi sejak pandemi Covid-19 di mana interview kerja harus dilakukan secara online. Meskipun secara garis besar sama dengan interview kerja pada umumnya, namun pelaksanaan online interview agak berbeda.

Misalnya, pelamar kerja harus tahu bagaimana mengoperasikan layanan video conference yang akan digunakan untuk interview kerja serta memastikan agar kualitas gambar dan suara jernih.

Oleh karenanya, pelamar kerja perlu mengetahui tips interview secara online agar pelaksanaan online interview berjalan lancar tanpa terkendala teknis.

Tips interview kerja secara online

Umumnya online interview dilakukan dengan cara video interview di mana perusahaan dan pelamar kerja melakukan panggilan video melalui webcam atau smartphone.

Baca juga: Tips dan Trik 7 Contoh Soal Psikotes Kerja

Namun, beberapa perusahaan ada yang melakukan interview kerja dengan mengirimkan daftar pertanyaan dan pelamar kerja merekam gambar dirinya saat menjawab pertanyaan tersebut.

Berikut beberapa tips interview kerja secara online dilansir dari laman thebalancecarers.com:

1. Biasakan diri dengan layanan video conference

Ilustrasi interview kerja. Interview adalah salah satu tahap seleksi karyawan yang paling penting. Bagaimana tips interview secara online atau online interview?freepik.com Ilustrasi interview kerja. Interview adalah salah satu tahap seleksi karyawan yang paling penting. Bagaimana tips interview secara online atau online interview?

Dalam online interview, biasanya perusahaan akan menggunakan layanan video conference yang populer seperti Skype, Zoom, atau Google Meet.

Jika pelamar kerja tidak terbiasa dengan layanan video conference tersebut, maka pelamar kerja harus berlatih menggunakannya.

Dimulai dengan mengunduh aplikasi video conference tersebut di laptop, PC, maupun smartphone. Pastikan aplikasi berfungsi dengan baik dan mulai lah membiasakan diri dengan menu dan fitur yang disediakan.

2. Tetap bersikap profesional

Dalam melakukan online interview, pelamar kerja juga perlu bersikap seolah sedang melakukan interview kerja secara tatap muka atau langsung.

Baca juga: Tips Menjawab Tes Psikotes Kerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com