Dukung Pembayaran Digital, Bank Muamalat Luncurkan Layanan QRIS Acquirer

Kompas.com - 04/02/2022, 09:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan layanan QRIS Acquirer kepada nasabah yang menggunakan kode respons cepat atau QR Code dalam menjalankan usahanya.

Nasabah sebagai merchant akan dibekali aplikasi khusus bernama Muamalat Merchant App (MMA) untuk mengelola transaksi pembayaran mereka.

Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana mengatakan, sebagai bank syariah yang modern dan adaptif terhadap era digital implementasi metode pembayaran seperti QR Code sudah menjadi keharusan.

Baca juga: Ini Kriteria Nasabah yang Bisa Dapat Keringanan Penyelesaian Pembiayaan dari Bank Muamalat

Selain itu, penerapan layanan ini juga akan memberikan kemudahan bagi bank untuk memperluas kerja sama bisnis kemitraan baik dengan sesama lembaga jasa keuangan (LJK) maupun non-LJK.

“Kami yakin dengan adanya layanan QRIS Acquirer ini nasabah Bank Muamalat yang memiliki usaha, khususnya yang bergerak di sektor UMKM, dapat semakin mudah dalam mengelola transaksi pembayarannya. Di samping itu, implementasi ini juga adalah bentuk dukungan kami terhadap program pemerintah dalam hal akseptasi transaksi nontunai dan pembayaran digital di Tanah Air,” ujar Achmad dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Jumat (4/2/2022).

Baca juga: Bank Mandiri Tebar Promo Pakai QRIS di Gerai KFC dan Taco Bell

Achmad menjelaskan, aplikasi MMA yang digunakan oleh pemilik usaha memiliki keunggulan dari sisi fitur keamanan, yaitu proteksi refund transaksi dengan menggunakan Personal Identification Number (PIN).

Fitur ini melindungi bisnis dari kecurangan oknum kasir yang mencoba melakukan pengembalian dana (refund) kepada pembayar tanpa sepengetahuan pemilik bisinis/manager, karena PIN ini tidak untuk di-share kepada kasir.

Selain dapat digunakan di merchant, layanan QRIS Acquirer Bank Muamalat juga dapat digunakan untuk pembayaran donasi dan transaksi pembayaran di berbagai instansi seperti sekolah, mesjid, lembaga donasi dan rumah sakit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.