Hati-hati Ada Situs Palsu Program Kartu Prakerja, jika Diisi Data Pribadi, Bisa Dicuri

Kompas.com - 04/02/2022, 10:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Divisi Hukum Kartu Prakerja Gabriel Mukuan mengingatkan calon peserta Prakerja agar berhati-hati terhadap situs palsu dan tautan apa pun yang mengatasnamakan Program Kartu Prakerja.

Lantaran akhir-akhir ini, muncul tautan dan form liar atau palsu pendaftaran Program Kartu Prakerja yang muncul di berbagai percakapan telepon ataupun berbagai media.

Misalnya yang mengatasnamakan UKM Sinergi dan Solusi Edukasi.

"Tidak ada kanal lain. Jika situs atau tautan selain www.prakerja.go.id diisi, data pribadi Sobat (Prakerja) bisa dicuri dan disalahgunakan," tegas Gabriel melalui keterangan tertulisnya, Jumat (4/2/2022).

Baca juga: Bagaimana Cara Mendaftar Kartu Prakerja Online?

Situs resmi Kartu Prakerja

Ia kembali mengingatkan bahwa pembuatan akun calon peserta Program Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan di situs resmi www.prakerja.go.id.

Situs atau tautan lain yang meminta peserta mengisi data pribadi sudah pasti sebuah penipuan.

Sejak 5 Januari 2022, Program Kartu Prakerja kembali membuka pembuatan akun untuk calon penerima Kartu Prakerja.

"Silakan Sobat Prakerja membuat akun, sembari menunggu pengumuman pembukaan gelombang 23," kata Direktur Operasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Hengki Sihombing.

Baca juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Jelang Pembukaan Gelombang 23 Tahun 2022

Akun Instagram resmi Kartu Prakerja

Dengan membuat akun sebelum pembukaan gelombang, para calon peserta Kartu Prakerja akan memiliki kemudahan dalam proses pendaftaran selanjutnya dan dapat menikmati berbagai fitur di dashboard pribadi Kartu Prakerja mereka.

"Pada saatnya nanti gelombang 23 dibuka, Sobat Prakerja yang telah memiliki akun tinggal klik Gabung Gelombang untuk mengikuti seleksi, tanpa harus lagi mengisi kelengkapan administrasi serta rangkaian tes awal," sambung Hengki.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.