Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terus Melesat, Harga Minyak Mentah Sentuh Level Tertinggi Lebih dari 7 Tahun

Kompas.com - 04/02/2022, 11:40 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia terus melesat, pasca Organisasi Negara Pengekspor Minyak atau OPEC bersama mitra memutuskan untuk menolak meningkatkan produksi secara signifikan.

Dilansir dari CNN, Jumat (4/2/2022) harga minyak mentah acuan Amerika Serikat, West Texas Intermediate (WTI), mengalami kenaikan sebesar 2,2 persen ke level 90,15 dollar AS per barrel.

Harga tersebut menjadi harga tertinggi minyak mentah acuan AS sejak tahun 2014.

Baca juga: Uji Coba Penyaluran Minyak Pertama Proyek Pipa Rokan Berlangsung Sukses

Jika dibandingkan dengan level terendah baru-baru ini, yakni 65,57 dollar AS per barrel pada 1 Desember 2021, harga minyak mentah telah melesat sekitar 37 persen.

Bukan hanya WTI, harga minyak mentah acuan global, Brent, juga telah menyentuh level 90 dollar AS per barrel. Pada sesi perdagangan Jumat hari ini, Brent diperdagangkan di harga 91,53 dollar AS per barrel.

Meskipun sejumlah pelaku pasar merekomendasikan produksi minyak ditingkatkan secara agresif untuk memenuhi kebutuhan, OPEC bersama mitra atau OPEC+ sepakat untuk mempertahankan rencana awal peningkatan produksi minyak mentah di level 400.000 barrel per hari.

"OPEC+ memilih untuk mengadakan pertemuan terpendek dalam catatan dan sepakat dengan kenaikan 400.000 barrel per hari, bertahan dengan keputusan awal, meskipun ada ketakutan inflasi global," tulis ahli strategi RBC Capital Markets dalam sebuah catatan kepada klien.

Baca juga: SKK Migas Ungkap Rencana Pengeboran Ulang 725 Sumur Minyak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com