Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Peluang Bisnis Grosir yang Laris Manis

Kompas.com - 06/02/2022, 08:40 WIB
Aprillia Ika

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bisnis grosir kian menjamur. Salah satu peluang usaha yang menjanjikan seiring maraknya pedagang kecil atau pedagang eceran.

Grosir menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pedagang yang menjual barang dalam jumlah besar.

Tentunya pedagang grosir membeli barang dari produsen, kemudian dijual lagi ke pengecer atau pedagang yang lebih kecil.

Berikut peluang usaha grosir menguntungkan dan laris manis, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sembako

Makanan merupakan kebutuhan utama manusia. Adanya pedagang grosir sembako, pedagang eceran bisa memperoleh stok sembako dengan mudah.

Bayangkan kalau mereka harus membeli sembako langsung dari produsen, pasti memakan waktu, tenaga, dan uang. Pedagang eceran inilah yang nantinya menjual ke konsumen.

Kalau memiliki rumah cukup besar, bisa dijadikan tempat membuka toko grosir sembako. Namun jika tidak, kamu dapat menyewa ruko di pinggir jalan untuk menjalankan usaha tersebut.

Sebab, kamu membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menata dan menaruh barang dagangan. Agar memudahkan pembeli mencari barang, serta membuat nyaman ketika sedang ramai sehingga tidak terlalu berdesak-desakkan.

2. Perlengkapan sekolah

Kebutuhan anak sekolah memang tidak ada habisnya. Seperti baju sekolah, buku, dan alat tulis sangat diperlukan. Tak heran menjadi bisnis yang menggiurkan, terutama saat memasuki tahun ajaran baru.

Kamu dapat membuka bisnis grosir perlengkapan sekolah di kawasan pasar, pinggir jalan, ataupun dekat sekolah. Jika ingin lebih lengkap, tambah dengan alat tulis kantor (ATK) lainnya, sehingga kamu bisa menjalankan bisnis ini di dekat kampus maupun gedung perkantoran.

Semakin lengkap barang yang dijual, semakin menarik minat pembeli. Ketika pembeli menanyakan barang, kamu dapat menyediakannya. Jadi, pembeli tidak akan lari ke toko sebelah.

3. Baju tidur

Baju tidur memang bukan kebutuhan utama, namun tetap saja ada peminatnya. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai orangtua. Pangsa pasarnya dari berbagai usia dan kalangan, sehingga peluang bisnisnya makin ‘seksi.’

Biasanya, reseller akan membeli barang dari pedagang grosir karena harga yang murah. Kamu dapat menjual kepada reseller maupun langsung ke konsumen secara online.

Melalui website perusahaan dan situs jual beli online. Tawarkan produk satuan untuk pembeli eceran, dan paket usaha untuk reseller.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com