Cara Transfer Antarbank lewat BI Fast di Mandiri, BCA, BTN, dan BSI

Kompas.com - 07/02/2022, 05:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) telah meluncurkan Bank Indonesia Fast Payment (BI-FAST) sejak 21 Desember 2021 lalu. Hadirnya layanan BI FAST ini tentu menjadi kabar baik bagi nasabah yang sering melakukan transaksi transfer antar bank.

Dengan adanya layanan BI FAST, biaya transfer antar bank saat ini lebih murah. Sebelumnya, biaya transfer antar bank yang dibebankan kepada nasabah adalah Rp 6.500. Namun jika menggunakan sistem BI FAST, biaya transfer antar bank menjadi Rp 2.500 saja.

Dikutip dari laman resmi Bank Indonesia, BI FAST adalah infrastruktur sistem pembayaran dari Bank Indonesia yang dapat diakses melalui aplikasi yang disediakan industri sistem pembayaran dalam memfasilitasi transaksi pembayaran ritel bagi masyarakat.

Implementasi BI FAST oleh bank kepada nasabahnya akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan rencana bank dalam mempersiapkan kanal pembayaran bagi nasabahnya masing-masing.

Bisa dikatakan, BI FAST bukanlah aplikasi tersendiri, namun nanti akan muncul saat nasabah melakukan transfer melalui mobile banking, internet banking di bank yang telah menerapkan BI FAST.

Layanan BI FAST akan memungkinkan nasabah melakukan transfer antar bank secara online hanya melalui informasi nomor ponsel atau alamat email penerima. Adapun batas maksimal nominal transfer menggunakan layanan BI FAST adalah Rp 250 juta per transaksi.

Saat ini, beberapa bank BUMN dan bank swasta di Indonesia sudah menyediakan layanan BI FAST di aplikasi m-banking maupun internet banking. Lalu, bagaimana cara transfer antar bank menggunakan sistem BI FAST?

Cara transfer antar bank via BI FAST di Bank BCA

Dikutip dari laman bca.co.id, layanan BI FAST di BCA bisa diakses melalui myBCA versi web ataupun mobile versi iOS & Android. Dengan layanan transfer BI FAST, nasabah bisa melakukan transfer antar bank minimal Rp 10.000 dan maksimal Rp 250 juta.

Berikut langkah-langkah atau cara menggunakan layanan BI FAST melalui myBCA:

  • Buka web myBCA dan pilih menu “Transfer”
  • Pilih menu “ke Rekening Bank Lain”
  • Masukkan jenis transfer, nomor rekening tujuan, dan nominal
  • Pastikan memilih BI FAST pada “Layanan Transfer”
  • Lengkapi informasi “Berita dan Tujuan Transaksi”
  • Masukkan 8 angka yang tertera pada KeyBCA Appli 2, lalu klik “Lanjut”
  • Cek detail transaksi, masukkan respon KeyBCA Appli 1, lalu klik “Lanjut”

Ilustrasi, cara transfer antar bank menggunakan layanan BI FAST untuk bank BCA, Mandiri, BTN dan BSIbca.co.id Ilustrasi, cara transfer antar bank menggunakan layanan BI FAST untuk bank BCA, Mandiri, BTN dan BSI

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.