Kompas.com - 07/02/2022, 05:39 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Pengangguran struktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan adanya perubahan struktur atau komposisi perekonomian suatu negara.

Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran kerap menjadi permasalahan negara maju maupun berkembang.

Di Indonesia sendiri, pada Agustus 2021 terdapat 9,10 juta orang pengangguran di Indonesia atau sekitar 6,49 persen, dikutip dari data Badan Pusat Statistik (BPS).

Pengangguran muncul akibat adanya peningkatan jumlah angkatan kerja di suatu negara tapi tidak diimbangi dengan peningkatan lapangan kerja.

Baca juga: Pengertian Pengangguran Friksional dan Penyebabnya

Pengangguran memiliki beberapa jenis berdasarkan faktor penyebab terjadinya. Salah satu jenis pengangguran adalah pengangguran struktural.

Pengertian pengangguran struktural

Pengangguran struktural adalah salah satu jenis pegangguran berdasarkan faktor penyebab terjadinya. Selain pengangguran struktural, ada juga pengangguran konjungtur atau siklis, friksional, dan musiman.

Dilansir dari buku Ekonomi Jilid 2 oleh Alam S, pengangguran struktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan oleh perubahan struktur atau komposisi perekonomian.

Ciri-ciri pengangguran struktural adalah tenaga kerja dituntut untuk memiliki keterampilan yang berbeda dari kebutuhan yang biasanya.

Baca juga: Apa Pengertian Tenaga Kerja dan Klasifikasinya?

Selain itu, penyebab adanya pengangguran struktural adalah perkembangan teknologi dan peralatan semakin canggih. Banyak kegiatan kerja yang tadinya bisa dikerjakan secara manual kini harus digantikan dengan mesin-mesin canggih.

Cara mengatasi pengangguran struktural

Dikutip dari buku Membuka Cakrawala Ekonomi oleh Imamul Arifin dan Giana Hadi, penanganan jenis pengangguran struktural adalah lebih sulit daripada pengangguran friksional.

Ilustrasi pengangguran struktural. Pengangguran struktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan adanya perubahan struktur atau komposisi perekonomian. Bagaimana cara mengatasi pengangguran struktural? Apa contoh pengangguran struktural?Shutterstock Ilustrasi pengangguran struktural. Pengangguran struktural adalah jenis pengangguran yang disebabkan adanya perubahan struktur atau komposisi perekonomian. Bagaimana cara mengatasi pengangguran struktural? Apa contoh pengangguran struktural?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.