Berbeda dengan Tenaga Kerja, Apa Pengertian Angkatan Kerja?

Kompas.com - 07/02/2022, 15:46 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Kadang kala masyarakat salah mengartikan tenaga kerja dengan angkatan kerja. Padahal komponen yang termasuk angkatan kerja adalah tenaga kerja dan pengangguran.

Dengan demikian, pengertian angkatan kerja lebih luas dari tenaga kerja karena memasukkan kelompok pengangguran dalam komponennya.

Supaya tidak salah mengartikan tenaga kerja dengan angkatan kerja, simak penjelasan pengertian angkatan kerja di bawah ini.

Pengertian angkatan kerja

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian angkatan kerja adalah penduduk yang berada dalam usia kerja, baik yang sedang bekerja maupun yang sedang mencari pekerjaan.

Baca juga: Apa Pengertian Tenaga Kerja dan Klasifikasinya?

Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), angkatan kerja terdiri dari penduduk usia kerja, yaitu usia 15 tahun atau lebih yang bekerja atau mempunyai pekerjaan.

Sementara, penduduk yang bukan angkatan kerja adalah penduduk usia 15 tahun atau lebih yang masih sekolah, mengurus rumah tangga, atau melaksanakan kegiatan yang bukan bekerja.

Dilansir dari jurnal The Labor Force Approach and The Korean Labor Force Data (1974) oleh Yunshik Chang, kelompok yang bukan angkatan kerja adalah dikategorikan sebagai penduduk yang tidak aktif secara ekonomi.

Contoh bukan angkatan kerja adalah ibu rumah tangga, orang yang masih bersekolah, lansia atau pensiunan, dan orang disabilitas yang tidak bisa mengerjakan pekerjaan apapun.

Baca juga: Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi Pengangguran

Dengan demikian, pengertian angkatan kerja adalah penduduk usia 15 tahun atau lebih yang sudah mampu bekerja, mencari penghasilan sendiri, dan tidak melakukan kegiatan lain seperti sekolah atau mengurus rumah tangga.

Angkatan kerja berhubungan dengan jumlah penduduk suatu negara karena jumlah angkatan kerja bergantung pada pertumbuhan penduduk yang memasuki usia produktif.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.