Baru Melantai di BEI, Saham Emiten Restoran Gokana, Raa Cha Hingga BMK Mentok ARB

Kompas.com - 08/02/2022, 13:17 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Champ Resto Indonesia Tbk dengan kode emiten ENAK baru saja mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, Selasa (8/2/2022), dengan harga IPO Rp 850 per saham. Namun demikian, pada perdagangan sesi I harga saham ENAK lagsung auto reject bawah atau ARB.

Berdasarkan data RTI, harga saham emiten restoran dengan brand, Gokana, Raa Cha Monsieur Spoon, Platinum, BMK, Chopstix, hingga BMK ini sempat menguat pada awal perdagangan dengan posisi tentinggi menyentuh level Rp 895 per saham, namun berbalik melemah hingga turun 6,4 persen di level Rp 795 per saham.

ENAK melepas sebanyak 433,3 juta saham biasa atas nama atau sebanyak 20 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh Perseroan setelah Penawaran Umum Perdana Saham. Dengan jumlah tersebut, maka PT Champ Resto Indonesia berpeluang mengantongi dana segar sebesar Rp 368,3 miliar.

Baca juga: BEI: 15 Perusahaan Unicorn dan Centaur Akan IPO, Target Penggalangan Dana Rp 126,5 Triliun

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, manajemen Champ Resto hasil penggalangan dana di pasar modal akan dipergunakan untuk pembayaran sebagian utang Perseroan kepada PT Bank CIMB Niaga Tbk dan pemegang saham Perseroan sekitar 56 persen.

“Selain itu, 19 persen dana IPO akan digunakan untuk belanja modal berupa renovasi (fit out) baik untuk outlet baru maupun outlet eksisting, untuk belanja modal, dan sarana penunjang lainnya. Sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan,” tulis manajemen.

Selama masa penawaran umum yang berlangsung pada tanggal 2 – 4 Februari 2022, saham ENAK mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sekitar 4.29 kali dari porsi penjatahan terpusat (pooling) yang ditawarkan kepada masyarakat.

Baca juga: IHSG Melemah di Sesi I Perdagangan, Rupiah Menguat

Kedepannya, perseroan optimis akan bertumbuh pesat dengan formula bisnis yang mengutamakan konsep value for money, atau makanan berkualitas dengan harga yang terjangkau (affordable) dan platform yang highly scalable dan efisien. Perseroan juga berencana melakukan ekspansi dengan membuka beberapa gerai baru.

“Dengan menyandang status sebagai perusahaan terbuka, perseroan akan menerapkan prinsip good corporate governance dalam setiap langkah yang diambil. Meskipun kondisi perekonomian nasional yang belum pulih total sebagai akibat pandemi Covid-19, Perseroan tetap optimis bisnis food & beverage tetap akan tumbuh,” tegas manajemen.

Baca juga: Geopolitik Dunia Bikin Harga Minyak Mentah RI Naik Jadi 85,89 Dollar AS di Januari 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.