Cara Berjualan Online di Facebook Marketplace

Kompas.com - 09/02/2022, 11:01 WIB
Penulis Isna Rifka
|

KOMPAS.com - Facebook Marketplace merupakan fitur yang dapat memudahkan pengguna menjual barang secara online. Namun, pengguna harus mengetahui cara membuat marketplace di Facebook terlebih dahulu.

Melihat ketertarikan masyarakat dalam berbelanja online, kini berbagai media sosial ikut mengembangkan fitur agar penggunanya bisa berjualan di platform tersebut, seperti Facebook dan Instagram.

Facebook Marketplace (FB Marketplace) sudah diluncurkan sejak 2016, namun masih belum banyak pengguna Facebook yang mengetahui fitur tersebut.

Oleh karenanya, sebelum mengetahui bagaimana cara membuat marketplace di Facebook, baiknya mengetahui tentang Facebook Marketplace terlebih dahulu.

Baca juga: Mau Mulai Usaha Online? Yuk Simak Cara Jualan di Shopee

Apa itu Facebook Marketplace?

Dilansir dari situs resminya, Facebook Marketpace adalah fitur yang memungkinkan pengguna Facebook menjual barang di wilayah sekitarnya.

Dengan Facebook Marketplace, pengguna juga bisa menelusuri pencarian barang yang berlokasi di sekitarnya untuk menemukan barang yang diperlukan untuk dibeli.

Pada dasarnya, FB Marketplace ini dioperasikan seperti marketplace pada umumnya. Pengguna hanya perlu mengunggah foto produknya dan mengisi detail produk untuk bisa langsung berjualan.

Namun, pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi lain dan menyiapkan akun baru untuk bisa memulai menjual atau membeli barang. Pasalnya, penjualan bisa dilakukan melalui aplikasi Facebook dan komunikasi terkait jual beli bisa dilakukan dengan Facebook Messenger.

Baca juga: Cara Menjadi Dropshipper di Shopee bagi Pemula

Facebook Marketplace dapat ditemukan di aplikasi maupun website Facebook. Pengguna hanya perlu menekan ikon Marketplace bergambar toko di akun Facebook-nya.

Kategori barang yang dijual di Facebook Marketplace beranekaragam, seperti kendaraan, properti, alat kantor, alat musik, barang rumah tangga, elektronik, hiburan, pakaian, kebutuhan hewan, alat olahraga, hingga mainan dan game.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.