Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen BUMN: Merah Putih Fund Akan Bantu Unicorn Lokal Listing di BEI

Kompas.com - 09/02/2022, 16:47 WIB
Akhdi Martin Pratama

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menyiapkan Merah Putih Fund untuk mendanai perusahaan-perusahaan rintisan atau startup potensial.

Wakil Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, Merah Putih Fund akan menjadi alternatif bagi perusahaan startup mengurangi pendanaan dari modal asing

Merah Putih Fund juga bakal mengawal unicorn lokal masuk Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca juga: Erick Thohir Resmikan Merah Putih Fund, Jembatan Perusahaan Indonesia Kembangkan Startup

“Kami akan luncurkan Merah Putih Fund. Lembaga ini untuk soonicorn atau startup yang bergerak jadi unicorn. Mereka akan tetap berada di Indonesia dan kami juga akan dukung mereka untuk listing di BEI,” ujar Kartika dalam seminar daring Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2/2022).

Ia menyebutkan, Merah Putih Fund akan menyuntikkan dana sekitar 300 dollar AS juta atau setara Rp 4,3 triliun kepada perusahaan rintisan atau startup lokal agar dapat naik kelas menjadi startup unicorn.

“Dana ini akan diluncurkan dengan jumlah committed fund mencapai sekitar US$ 300 juta,” kata Kartika.

Baca juga: Erick Thohir Sebut Jokowi Akan Resmikan Merah Putih Fund, Apa Itu?

Merah Putih Fund nantinya akan fokus dalam pendanaan kepada startup lokal agar soonicorn (soon to be unicorn) yang menjadi unicorn akan tetap beroperasi di Indonesia.

“Melalui kolaborasi ini kita berharap bahwa kita bisa mendukung dan memastikan startup-startup nasional mendapatkan pendanaan di dalam negeri, serta juga menciptakan ekosistem yang melahirkan banyak startup unicorn bahkan decacorn nasional ke depan,” ujarnya.

Merah Putih Fund ditargetkan meluncur pada kuartal II 2022. Merah Putih Fund akan dikelola oleh lima corporate venture capital BUMN yakni Mandiri Capital Indonesia, MDI Ventures, Telkomsel Mitra Inovasi, BRI Ventures, dan BNI Ventures. (Dendi Siswanto)

Baca juga: BEI: 15 Perusahaan Unicorn dan Centaur Akan IPO, Target Penggalangan Dana Rp 126,5 Triliun

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Merah Putih Fund Akan Bantu Unicorn Lokal Listing di Bursa Efek Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com