Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Ciri Iklan sebagai Media Pemasaran

Kompas.com - 10/02/2022, 16:12 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apa yang dimaksud dengan iklan? Iklan adalah salah satu alat komunikasi yang bersifat non-pribadi dan biasa kita temui di media massa atau sosial media.

Berkembangnya kegiatan perekonomian memunculkan berbagai macam produk baru baik berupa jasa maupun barang. Perkembangan teknologi juga turut berperan karena menghadirkan produk-produk digital.

Dengan munculnya produk-produk baru, produsen tentu harus mencari cara supaya bisa menarik konsumen agar produknya tetap dikenal sehingga usahanya tidak tenggelam.

Di sinilah peran iklan untuk menjadi alat bagi para produsen memenangkan persaingan dalam memperebutkan konsumen. Selain iklan, ada juga sales promotion, personal selling, public relation, dan direct marketing.

Baca juga: Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Namun, hanya iklan yang mampu menjadi media promosi paling efektif untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Meskipun sifat iklan tidak langsung berefek pada pembelian.

Lantas, apa yang dimaksud dengan iklan? Apa fungsi iklan dan ciri-ciri iklan?

Pengertian iklan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, biasanya iklan dipasang di dalam media massa atau di tempat umum.

Iklan juga didefinisikan sebagai berita pesanan untuk mendorong dan membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.

Baca juga: Ini Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Shopee

Dilasir dari buku Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu oleh Morrisan, iklan adalah setiap bentuk komunikasi non-personal tentang organisasi, produk, servis, atau ide yang dibayar oleh satu sponsor.

Dengan demikian, iklan adalah media promosi yang bertujuan untuk memberi informasi terkait produk dan membujuk konsumen untuk tertarik pada produk yang ditawarkan.

Iklan menjadi media promosi yang paling dikenal dan digunakan oleh perusahaan. Pasalnya, jangkauan khalayak iklan jauh lebih luas daripada media promosi yang lain.

Ilustrasi iklan baris di media massa. Iklan adalah media promosi yang paling banyak digunakan karena memiliki jangakuan yang lebih luas. Apa fungsi iklan dan ciri-ciri iklan?BBC INDONESIA Ilustrasi iklan baris di media massa. Iklan adalah media promosi yang paling banyak digunakan karena memiliki jangakuan yang lebih luas. Apa fungsi iklan dan ciri-ciri iklan?

Biasanya iklan dipasang di tempat yang dilihat banyak orang seperti di billboard, brosur, media sosial, website, dan media massa seperti TV, radio, media online, majalah, dan koran.

Fungsi iklan dalam pemasaran

Dikutip dari buku Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual (2018) oleh Maria Fitriah, Terence A. Shimp, terdapat lima fungsi iklan adalah:

  • Memberikan informasi agar konsumen mengetahui produk dan merek yang diiklankan dan memberikan citra merek yang positif.
  • Mampu membujuk calon konsumen untuk mau mencoba dan membeli produk yang diiklankan.
  • Mengingatkan konsumen tentang perusahaan yang diiklankan.
  • Memberikan nilai tambah pada produk yang diiklankan dengan memberikan pengaruh pada persepsi konsumen.
  • Mendampingi atau memfasilitasi perusahaan untuk melakukan proses komunikasi pemasaran.

Baca juga: Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Menarik di Microsoft Word

Ciri-ciri iklan

Dilansir dari situs Gramedia Blog, iklan memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan media promosi lainnya. Adapun ciri-ciri iklan adalah:

  • Menggunakan kata singkat tetapi efektif dan menarik agar konsumen mudah mencerna pesan yang ingin disampaikan.
  • Pemilihan diksi bersifat sugesti atau ajakan karena sesuai fungsi iklan yaitu dapat memengaruhi konsumen.
  • Bersifat informatif karena iklan bertujuan memberikan informasi terkait produk agar konsumen lebih mengenal produk yang diiklankan.
  • Harus memiliki target sasaran agar pemasaran produk lebih efektif.

Kesimpulannya, iklan adalah media promosi yang paling banyak digunakan karena memiliki jangkauan yang luas. Ciri-ciri iklan sesuai dengan fungsi iklan, yaitu bisa mengajak konsumen untuk membeli produknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com