Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Kantongi Laba Bersih Rp 2,42 Triliun di 2021

Kompas.com - 10/02/2022, 17:07 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian mengantongi laba bersih sebesar Rp 2,42 triliun di sepanjang 2021. Kinerja di masa pandemi Covid-19 itu tumbuh 20 persen dibandingkan tahun 2020 yang membukukan laba bersih Rp 2,02 triliun.

Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto mengatakan, pertumbuhan laba di tengah kondisi perekonomian yang masih kurang kondusif tersebut, didukung oleh efisiensi yang dilakukan Pegadaian sepanjang tahun lalu.

Baca juga: Barang Apa Saja yang Bisa Digadaikan di Pegadaian?

Ia mengungkapkan, pendapatan usaha di 2021 memang menurun menjadi Rp 20,63 triliun dibandingkan pendapatan di 2020 yang sebesar Rp 21,96 triliun. Namun, efisiensi membuat beban usaha perseroan berhasil ditekan dari Rp 19,17 triliun di 2020 menjadi Rp 17,40 triliun di 2021.

“Ketika kinerja operasional kurang menguntungkan yang berdampak pada penurunan pendapatan, maka efisiensi menjadi strategi yang dipilih agar perusahaan tetap bertahan bahkan meraih keuntungan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Cara Menabung Emas di Pegadaian bagi Pelajar

Lebih lanjut, Kuswiyoto menjelaskan, kinerja pendapatan Pegadaian dipengaruhi pula oleh penurunan harga emas. Data menunjukkan, rata-rata harga emas di 2020 sebesar Rp 835.700 per gram, turun menjadi Rp 827.107 per gram di 2021.

Kondisi tersebut memberi dampak pada penurunan outstanding loan (OSL) Pegadaian menjadi sebesar Rp 51,9 triliun di 2021 dari sebelumnya di 2020 sebesar Rp 56,8 triliun.

Baca juga: Mau Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian? Simak Prosedur dan Syaratnya

Pasalnya, 98 persen barang jaminan di anak usaha PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI tersebut, adalah emas, baik perhiasan maupun emas batangan. Sedangkan sisanya adalah barang jaminan non emas.

"Sehingga penurunan harga emas memberikan dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan," kata dia.

Baca juga: Mengenal Pegadaian Syariah dan Perbedaan dengan Pegadaian Konvensional

Di sisi lain, sepanjang tahun lalu, Pegadaian juga aktif dengan program pemberdayaan masyarakat melalui restrukturisasi, relaksasi, diskon bunga, kegiatan sosial hingga meluncurkan produk Gadai Peduli atau gadai tanpa bunga untuk pinjaman maksimal Rp 1 juta.

Sementara dari sisi transaksi digital yang dilakukan oleh nasabah, juga turut mengalami pertumbuhan yang cukup tinggi di tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com