Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contoh Iklan Media Cetak

Kompas.com - 10/02/2022, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Iklan media cetak rupanya masih cukup banyak digunakan sebagai media pemasaran suatu produk. Pasalnya, masih banyak ditemukan contoh iklan media cetak di sekitar kita.

Seperti diketahui, media cetak saat ini berkurang peminatnya akibat adanya kemajuan teknologi yang melahirkan media elektronik. Hal tersebut membuat peminat iklan media cetak juga mengalami penurunan.

Selain itu, media sosial juga menjadi penyebab penurunan peminat iklan media cetak. Pasalnya, iklan kini lebih menarik konsumen jika dikemas dalam bentuk video.

Namun, masyarakat masih banyak yang mencari contoh iklan media cetak yang mulai berkurang di era digital ini. Masyarakat juga kerap mempertanyakan apa yang dimaksud dengan iklan media cetak?

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Ciri-Ciri Iklan sebagai Media Pemasaran

Untuk itu, artikel kali ini akan membahas apa yang dimaksud dengan iklan media cetak yang mulai terlupakan beserta contoh iklan media cetak.

Pengertian iklan media cetak

Sebelum mengetahui pengertian iklan media cetak, ada baiknya memahami pengertian iklan. Iklan merupakan suatu bentuk informasi tentang produk dari produsen ke konsumen.

Dikutip dari buku Manajemen Media Massa oleh Irene Silvia, iklan media cetak adalah iklan yang dipasang di surat kabar, majalah, atau media cetak lain yang bersifat statis dan mengutamakan pesan-pesan visual.

Contoh iklan media cetak adalah iklan baris, iklan display, dan iklan advetorial.

Ciri-ciri iklan media cetak adalah praktis, cepat, harganya terjangkau, daya jangkau hingga ke pelosok daerah, keberhasilan bergantung pada jenis huruf, ukuran, dan layout, serta dapat bertahan cukup lama.

Baca juga: Bagaimana Fungsi Iklan bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Dilansir dari buku Ayo Bikin Iklan oleh Dendy Triadi dan Addy Sukma Bharata, iklan media cetak dimulai sejak ditemukannya mesin cetak pada abad ke-15 dalam bentuk poster, selebaran, dan iklan baris di surat kabar.

Kemudian pada abad ke-19, iklan media cetak mulai berkembang secara signifikan karena dikemas dengan grafis, litografi, dan proses cetak yang lebih canggih.

Jenis-jenis dan contoh iklan media cetak

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui jenis-jenis iklan media cetak, yaitu iklan baris, iklan display, iklan advetorial, iklan kolom surat kabar, dan selebaran.

Berikut penjelasan dari jenis-jenis iklan media cetak beserta contoh iklan media cetak:

1. Iklan baris

Contoh iklan media cetak ini adalah iklan yang biasanya sering ditemukan di koran dalam bentuk barisan kata-kata tanpa gambar dan ilustrasi.

Baca juga: Profesi yang Banyak Dicari, Apa Itu Digital Marketing?

Biasanya kata-kata yang ditulis disingkat-singkat karena bayarannya berdasarkan jumlah baris yang digunakan. Iklan ini digunakan untuk iklan lowongan pekerjaan, iklan kendaraan, hingga iklan properti.

Contoh iklan media cetak jenis iklan baris. Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? Iklan media cetak adalah iklan yang dipublikasikan di media cetak seperti, koran atau majalah.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Contoh iklan media cetak jenis iklan baris. Apa yang dimaksud dengan iklan media cetak? Iklan media cetak adalah iklan yang dipublikasikan di media cetak seperti, koran atau majalah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com