Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Isu Prioritas W20 Presidensi Indonesia

Kompas.com - 10/02/2022, 22:37 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Terdapat empat isu prioritas Women20 (W20) Presidensi G20 Indonesia pada tahun ini.

Chair Women20 Indonesia Hadriani Uli Silalahi mengatakan, W20 Presidensi Indonesia ingin mendorong para pemimpin negara-negara G20 membuka akses bagi kaum perempuan untuk dapat berpartisipasi aktif dalam perekonomian.

Selain itu, W20 Presidensi Indonesia menilai pentingnya memastikan tidak ada lagi perempuan yang termarjinalisasi dalam pemulihan pembangunan dan perlunya membuka akses setara dalam layanan kesehatan bagi perempuan.

"Misi utama W20 Presidensi Indonesia adalah untuk mempengaruhi komitmen tingkat tinggi yang akan dikeluarkan pada G20 Summit (Communique) agar memuat agenda pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di negara-negara G20. Apalagi, pada beberapa Kepresidenan G20 sebelumnya, fokus gender dalam keseluruhan deklarasi masih kecil, tidak pernah melebihi 8 persen," katanya melalui keterangan tertulis, Kamis (10/2/2022).

Baca juga: Dibahas di Forum G20, Menko Airlangga Sebut Kartu Prakerja Bisa Diadopsi Negara Lain

Menurut Hadriani, salah satu komitmen terbesar tentang kesetaraan gender pernah disampaikan dalam Komunike Pemimpin G20 pada 2014. Saat itu, para pemimpin G20 menyetujui tujuan untuk mengurangi kesenjangan dalam tingkat partisipasi kerja antara laki-laki dan perempuan di negara-negara G20 sebesar 25 persen pada tahun 2025.

Co-Chair W20 Presidensi Indonesia Dian Siswarini menuturkan bahwa dari sudut pandang global diplomasi, dengan memegang presidensi G20 dan W20, berarti Indonesia menempatkan diri sebagai sentral diplomasi di antara 20 negara ekonomi terbesar dengan berpegang pada penyelesaian empat isu prioritas dari W20.

"Engagement Group W20 ini juga diharapkan mampu mengaktifkan gerakan maupun pemikirin baru dari perempuan, bukan hanya di ranah global tapi juga di dalam negara anggota G20 sendiri dengan didukung oleh best practices sebagai katalis," ujar Dian.

Baca juga: Luhut Minta ke PHRI Sajikan Kuliner Khas Indonesia Saat KTT G20 dan MotoGP Mandalika

Isu prioritas W20 Presidensi Indonesia

Untuk mencapai tujuan tersebut, agenda W20 Presidensi Indonesia selama setahun ini akan mengangkat empat isu prioritas sebagai berikut:

1. Mendorong kesetaraan, keamanan, dan kesejahteraan dengan menghapus diskriminasi yang menghambat partisipasi perempuan dalam perekonomian.

2. Mencapai inklusi ekonomi dengan mendukung UMKM yang dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

3. engatasi kerentanan untuk meningkatkan ketahanan, dengan fokus pada perempuan penyandang disabilitas dan perempuan pedesaan.

4. tanggapan kesehatan yang setara gender.

Pelaksanaan agenda G20 dan W20 diharapkan membuat Indonesia semakin dikenal karena keberagamannya, menarik kunjungan wisatawan, hingga membuka kesempatan investasi yang didukung dengan program-program yang akan dibentuk selama presidensi.

Baca juga: Persiapan G20, 6 Lokasi di Bali Bakal Terpasang Panel Surya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com