Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Pastikan Stok Kedelai Aman hingga Dua Bulan ke Depan

Kompas.com - 11/02/2022, 18:07 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan stok kedelai di Indonesia aman selama dua bulan ke depan.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan mengatakan, berdasarkan data Asosiasi Kedelai Indonesia (Akindo), stok kedelai di importir mencapai 140.000 ton kedelai.

Stok tersebut akan bertambah karena 160.000 ton kedelai impor akan tiba di indonesia pada Februari 2022.

"Sehingga pasokan kedelai diperkirakan cukup untuk dua bulan ke depan," ujar Oke dalam konferensi pers virtual, Jumat (11/2/2022).

Baca juga: Harga Tahu dan Tempe Diprediksi Naik hingga 6 Bulan ke Depan

Oke menuturkan, untuk menjamin stok barang aman, pihaknya telah meminta kepada importir untuk tetap menjaga ketersediaan kedelai walaupun harga tinggi.

Oleh sebab itu, Kementerian Perdagangan akan bersinergi dengan pelaku usaha tahu dan tempe untuk memastikan bahan baku dalam kondisi aman sehingga tidak ada keluhan masyarakat perihal kelangkaan tahu dan tempe di pasaran.

"Karena saya paham, kedelai ini menjadi salah satu barang pokok yang menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat Indonesia dikaitkan dengan kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi tahu dan tempe," kata Oke.

"Jadi saya pastikan pemerintah akan terus bekerja sama dengan para pelaku usaha untuk memastikan bahan baku untuk tahu dan tempe. Ini yang kita pastikan dulu, lebih baik tersedia agak mahal daripada tidak tersedia," sambungnya.

Baca juga: 2 Kali Pemerintah Umbar Janji Minyak Goreng Bakal Turun, Realitanya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com