Kompas.com - 11/02/2022, 22:33 WIB
Penulis Isna Rifka
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) punya banyak opsi membayar tagihan secara  rutin, salah satunya lewat Indomaret. Artikel ini akan membahas cara bayar PDAM melalui Indomaret.

PDAM adalah perusahaan air minum yang dimiliki setiap daerah dan merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

PDAM sebagai perusahaan yang menyediakan air bersih di daerah, diawasi dan dimonitor oleh aparat eksekutif dan legislatif daerah. Sebab, seluruh atau sebagian modal PDAM dimiliki oleh pemerintah daerah.

Baca juga: Penyalur Air Minum Se-Indonesia, PDAM Singkatan dari?

Kini PDAM sudah bekerja sama dengan Indomaret terkait pembayaran tagihan pelanggan. Dengan begitu, pelanggan PDAM bisa lebih mudah membayar tagihan.

Cara bayar tagihan PDAM di Indomaret

Terdapat tiga cara bayar dan cek tagihan PDAM di Indomaret, yaitu melalui gerai Indomaret langsung, mesin i-Payment, dan KlikIndomaret. Berikut penjabaran langkah-langkahnya.

1. Cara bayar dan cek tagihan PDAM di gerai Indomaret

Cara yang satu ini sangat mudah dilakukan, mengingat gerai Indomaret sudah tersedia di mana-mana. Pelanggan hanya perlu menyiapkan kartu PDAM atau Nomor ID Pelanggan PDAM.

Baca juga: Mudah, Simak Cara Cek Tagihan PDAM Online

Berikut cara bayar dan cek tagihan PDAM di Indomaret::

  1. Datangi gerai Indomaret terdekat dengan membawa kartu PDAM atau Nomor ID Pelanggan PDAM.
  2. Sampaikan kepada kasir Indomaret bahwa ingin bayar dan cek tagihan PDAM.
  3. Berikan kartu PDAM atau sebutkan Nomor ID Pelanggan PDAM kepada kasir.
  4. Tunggu kasir memproses data sebentar. Jika sudah diproses, kasir akan memberitahukan jumlah tagihan PDAM.
  5. Lakukan pembayaran sesuai nominal yang diminta.

Saat ingin membayar tagihan PDAM, masyarakat kerap kesulitan menjangkau kantor PDAM. leh karenanya, masyarakat perlu mengetahui cara bayar sekaligus cek tagiihan PDAM di Indomaret.Tangkapan layar website Indomaret.co.id Saat ingin membayar tagihan PDAM, masyarakat kerap kesulitan menjangkau kantor PDAM. leh karenanya, masyarakat perlu mengetahui cara bayar sekaligus cek tagiihan PDAM di Indomaret.

2. Cara bayar dan cek tagihan PDAM di i-Payment

Dilansir dari laman indomaret.co.id, i-Payment merupakan layanan Indomaret untuk pembayaran berbagai kebutuhan pelanggan, seperti tagihan PDAM, PLN, PBB, kredit kendaraan, hingga pesan tiket pesawat dan kereta api.

Keuanggulan i-Payment ini dapat digunakan pelanggan Indomaret melalui merchant-merchant yang sudah bekerja sama dengan Indomaret. Biasanya, mesin i-Payment ini bisa ditemukan di gerai Indomaret.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.