KILAS

Bantu Nelayan Desa Sapa Barat, Elnusa Petrofin Bagikan Alat GPS

Kompas.com - 14/02/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com – PT Elnusa Petrofin menyerahkan dua unit alat navigasi berbasis satelit, global positioning system (GPS), kepada Kelompok Nelayan di Desa Sapa Barat, Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.

Head Corporate Communication Putiarsa Bagus Wibowo mengatakan, bantuan alat GPS diberikan kepada para nelayan agar mereka mengetahui titik koordinat, rute perjalanan, dan posisi saat berlayar.

“Adanya alat ini dapat membantu menghemat bahan bakar minyak (BBM) kapal yang digunakan (nelayan) karena langsung menuju ke titik lokasi (tangkapan ikan),” kata Putiarsa saat menyerahkan bantuan alat GPS di Pantai Desa Sapa Barat, akhir Januari 2022.

Selain itu, lanjut dia, GPS juga dapat mendukung keselamatan pelayaran. Sebab, para nelayan bisa saling berkoordinasi terkait informasi cuaca laut terkini.

Baca juga: Lewat “Petrofin Peduli”, Elnusa Petrofin Gelar 640 CSR Sepanjang Tahun 2021

Sebagai informasi, pemberian bantuan GPS kepada nelayan Desa Sapa Barat merupakan bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) Elnusa Petrofin.

Putriarsa menyampaikan, melalui CSR tersebut pihak Elnusa Petrofin ingin mewujudkan salah satu poin sustainable development goals (SDG) yang digagas oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Poin yang dimaksud adalah decent work and economic growth atau pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi.

Adapun pemberian GPS bagi nelayan merupakan hasil social mapping yang dilakukan perusahaan di wilayah Ring 1 Unit Operasi Depot LPG Amurang pada akhir 2021.

Baca juga: Dukung Pencegahan Stunting, Elnusa Petrofin Bagikan Ribuan Paket Gizi

Putiarsa berharap, program CSR Elnusa Petrofin dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya 30 orang warga yang tergabung dalam kelompok nelayan Desa Sapa Barat.

Untuk diketahui, sebelum mendapatkan bantuan GPS, para nelayan di Desa Sapa Barat kerap mengeluh soal sulitnya menentukan titik kumpul ikan di laut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.