Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OPEC: Sejarah Pendirian, Tujuan, dan Syarat Keanggotaan

Kompas.com - 14/02/2022, 21:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

KOMPAS.com - OPEC adalah singkatan dari Organization of the Petroleum Exporting Countries. OPEC merupakan organisasi berisikan negara pengekspor minyak bumi.

Indonesia bergabung menjadi anggota organisasi OPEC pada tahun 1962.

Kemudian tahun 2008, Indonesia sempat mengajukan diri untuk keluar dari organisasi ini karena sudah tidak menjadi pengekspor minyak.

Namun, setelah anggota OPEC merundingkan hal tersebut, Indonesia hanya dinonaktifkan sementara dari keanggotaan OPEC.

Lalu pada 2014, Indonesia kembali aktif tapi keluar kembali pada November 2016.

Simak penjelasan berikut ini untuk memahami lebih dalam terkait sejarah didirikannya OPEC, tujuan OPEC, dan anggota OPEC

Baca juga: Mengenal Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO dan Tujuan Berdirinya

Sejarah didirikannya OPEC

Pendirian OPEC dipicu oleh keputusan sepihak dari perusahaan minyak multinasional bernama The Seven Sisters.

Perusahaan tersebut menguasai industri minyak dan menetapkan harga di pasar minyak dunia tanpa memperdulikan usulan dari negara lain.

Dilansir dari buku Pengetahuan Sosial Sejarah oleh Tugiyono, OPEC dibentuk pada 14 September 1960 di Irak. Negara pendiri OPEC adalah Irak, Iran, Kuwait, Saudi Arabia, dan Venezuela.

Organisasi OPEC didirikan atas dasar kesamaan sumber daya alam yang dimiliki negara-negara anggotanya, yaitu minyak bumi.

Kemudian anggota OPEC bertambah dengan bergabungnya Qatar tahun 1960, Libya dan Indonesia tahun 1962, Uni Emirat Arab tahun 1967, Aljazair tahun 1969, Nigeria tahun 1971, dan Ekuador tahun 1973.

Negara Gabon juga ikut bergabung sebagai peninjau atau associate member pada Desember 1973.

Baca juga: Daftar 7 Kilang Terbesar di ASEAN, Pertamina Nomor Berapa?

Tujuan OPEC

Ilustrasi kilang minyak. Apa itu OPEC? OPEC adalah organisasi negara pengekspor minyak bumi. Organisasi OPEC didirikan atas dasar kesamaan kepemilikan sumber daya alam berupa minyak. Apa tujuan OPEC? Negara apa saja yang merupakan anggota OPEC?freepik.com Ilustrasi kilang minyak. Apa itu OPEC? OPEC adalah organisasi negara pengekspor minyak bumi. Organisasi OPEC didirikan atas dasar kesamaan kepemilikan sumber daya alam berupa minyak. Apa tujuan OPEC? Negara apa saja yang merupakan anggota OPEC?

Seperti yang sudah dibahas di atas, Opec menentang aksi penurunan harga minyak secara sepihak oleh The Seven Sisters yang terdiri dari Exxon, Texaco, Socal, Gulf, British Petroleum, dan Shell.

Perusahaan-perusahaan minyak tersebut merupakan perusahaan minyak raksasa dari negara-negara maju dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman Barat, dan Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com