Tembus Rp 36,2 Triliun, Transaksi LCS Ditarget Tumbuh 10 Persen Tahun Ini

Kompas.com - 16/02/2022, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat transaksi dengan menggunakan mata uang lokal atau local currency settlement (LCS) mengalami pertumbuhan signifikan pada tahun 2021.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, nilai transaksi LCS sepanjang tahun lalu mencapai 2,53 dollar AS atau setara Rp 36,2 triliun (asumsi kurs Rp 14.330 per dollar AS), meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya mencapai 797 juta dollar AS.

Tren pertumbuhan itu diproyeksi berlanjut pada tahun ini, di mana transaksi LCS ditargetkan tumbuh sebesar 10 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada tahun ini.

Baca juga: Tekan Penggunaan Dollar AS, Pemerintah Siapkan Insentif Untuk Pengusaha yang Gunakan LCS

"Pada tahun 2021 kami mencapai total nilai transkasi LCS sekitar 2,5 miliar dollar AS dan tahun ini kami menargetkan untuk meningkat setidaknya 10 persen," ujar dia dalam dalam rangkaian side event presidensi G20 Indonesia menuju 1st FMCBG, Rabu (16/2/2022).

Implementasi LCS merupakan salah satu strategi bank sentral untuk mengurangi ketergantungan terhadap mata uang dollar AS, dengan memanfaatkan mata uang lokal masing-masing negara.

Ketergantungan terhadap mata uang dollar AS dalam  perdagangan internasional berpotensi membuat stabilitas perekonomian suatu negara rentan terhadap volatilitas pasar global.

"Pengunaan mata uang lokal untuk memfasilitasi perdagangan dan investasi, akan  mendukung stabilitas ekonomi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi," kata Perry.

Baca juga: Bicara Soal Normalisasi Kebijakan Moneter, Gubernur BI: Kami Akan Mempertahankan Suku Bunga Rendah

Lebih lanjut, Perry bilang, BI akan melanjutkan ekspansi kerja sama LCS untuk perdagangan dan investasi dengan negara lain.

Adapun BI sampai saat ini telah menginisiasi kerjasama LCS dengan Malaysia, Thailand, China, Thailand dan Jepang. Kerja sama ini telah diinisiasi sejak 2018.

“Kami melakukan ekspansi dengan cara menyosialisasikan soal LCS ini ke negara-negara yang sudah memiliki kesepakatan dengan kami, dan bahkan kami juga akan memperluas ke negara-negara lain,” ucap Perry.

Baca juga: BI: Digitalisasi Akan Mentransformasi Indonesia Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.