Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bangun Tradisi Kebersamaan lewat Imlek Nasional 2022 Spesial Cap Go Meh

Kompas.com - 16/02/2022, 16:33 WIB
Alifia Nuralita Rezqiana,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 Sugianto Kusuma mengatakan, sudah saatnya Imlek diperingati dengan sederhana karena dua tahun terakhir banyak masyarakat kesulitan akibat pandemi Covid-19.

Menurutnya, dalam masa sulit pandemi Covid-19, masyarakat harus saling menjaga, mendukung, dan membantu dengan semangat gotong royong.

Tidak hanya di lingkungan keluarga saja, tetapi juga lintas keluarga, etnis, dan iman, layaknya sebuah keluarga besar di Indoensia.

Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 Sugianto KusumaDOK. Humas Sinarmas Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 Sugianto Kusuma

“Dalam peringatan (Imlek) sederhana ini, mari kita lanjutkan tradisi gotong royong dengan cinta kasih, karena kita adalah satu keluarga,” tuturnya melalui video conference di puncak acara Imlek Nasional 2022, Selasa (15/2/2022).

Adapun puncak acara Imlek Nasional 2022 yang mengusung tela “Cinta Kasih Menghapus Bencana” tersebut berlangsung di Studio Daya Angkasa Andalas Indah Televisi (DAAI TV), Tzu Chi Centre, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Baca juga: Tujuan Perayaan Cap Go Meh, Tak Cuma Menandai Berakhirnya Imlek

Pada kesempatan sama, Sugianto mengatakan, perayaan Imlek Nasional 2022 secara virtual menjadi wujud upaya menghadirkan tradisi baru yang bisa kembali dilangsungkan tahun berikutnya.

Sementara itu, Franky Oesman Widjaja yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 turut memberikan pesan kemanusiaan melalui video conference dalam acara tersebut.

Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 Franky Oesman WidjajaDOK. Humas Sinarmas Ketua Panitia Imlek Nasional 2022 Franky Oesman Widjaja

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, perayaan Imlek berisikan kepedulian dan dukungan kepada saudara-saudara yang membutuhkan, tanpa batasan. Ini adalah cara kita bergotong-royong, berbagi kepedulian, dan membantu sesama berlandaskan cinta kasih,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (16/2/2022).

Selain memberikan ucapan Cap Go Meh di acara itu, Franky juga mengutarakan harapannya agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.

Baca juga: Tujuan Perayaan Cap Go Meh, Tak Cuma Menandai Berakhirnya Imlek

Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat Hari Raya ImlekDOK. Sekretariat Presiden Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) memberikan ucapan selamat Hari Raya Imlek

Adapun Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya melalui video mengatakan, pandemi Covid-19 telah memberikan banyak pelajaran bagi masyarakat.

“Kita belajar banyak hal. Belajar menguatkan empati, membangkitkan solidaritas dan kepedulian tanpa batasan, dan melakukan aksi spontan secara sendiri-sendiri maupun kelompok untuk mengatasi dampak luas pandemi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengingatkan masyarakat bahwa tugas menghadapi pandemi Covid-19 masih banyak.

Ia mengatakan, pemerintah RI bersama seluruh elemen masyarakat masih terus mengoptimalkan upaya penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

“Tahun baru ini mari kita berdoa, bekerja dan berikhtiar, serta tetap optimistis menyiapkan diri untuk menyongsong tahun baru dengan semangat kebersamaan,” pesan Jokowi.

Baca juga: Dukung Industri Minyak Sawit Berkelanjutan, Sinar Mas Agribusiness and Food Capai 95 Persen Proses Kemamputelusuran hingga ke Perkebunan

Sebagai informasi, rangkaian peringatan Imlek Nasional 2022 masih akan dilanjutkan hingga Maret 2022 dengan kegiatan bakti sosial berupa pembagian 500 ton beras kepada warga terdampak pandemi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com