Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan 3 Kapal Jadi Penginapan Saat Ajang MotoGP

Kompas.com - 16/02/2022, 18:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tiga kapal yang akan diubah menjadi penginapan atau akomodasi terapung selama ajang MotoGP MotoGP 2022.

Sebagai informasi, ajang balap motor kelas dunia tersebut akan berlangsung di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sepanjang 18-20 Maret 2022.

Plt. Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha mengatakan, akomodasi terapung disiapkan guna mengantisipasi lonjakan penonton yang akan menghadiri gelaran MotoGP.

Baca juga: PLN Jamin Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Pramusim MotoGP Mandalika

Pasalnya, jumlah penonton diperkirakan mencapai 63.000 orang, sementara akomodasi yang tersedia di sekitar Pelabuhan Lembar, Lombok hanya berkisar 12.500 tempat tidur.

"Jadi masih ada gap kekurangan akomodasi, maka kami sediakan akomodasi terapung," ungkapnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (16/2/2022).

Ia menyebutkan, tiga kapal yang siap diubah menjadi penginapan memiliki kapasitas 3.896 tempat tidur. Sehingga diharapkan bisa memperkecil gap penginapan yang dibutuhkan para penonton MotoGP.

Kapal tersebut terdiri dari dua unit milik PT Pelni yaitu Kapal Motor (KM) Kelud dengan kapasitas 1.398 tempat tidur dan KM Sinabung dengan kapasitas 1.898 tempat tidur.

Selain itu, ada satu unit Kapal Dharma Kencana VIII milik PT Dharma Lautan Utama dengan kapasitas 600 tempat tidur. Kapal-kapal yang menjadi akomodasi terapung itu akan tersedia di Pelabuhan Lembar.

"Kapal-kapal ini disiapkan jadi akomodasi terapung, apabila diperlukan untuk akomodasi pengunjung atau penonton MotoGP," kata Arif.

Namun, lanjut Arif, penyiapan kapal menjadi penginapan masih dalam tahap perencanaan yang sedang dibahas dengan pihak penyelenggara MotoGP, pemerintah daerah (pemda), dan perusahaan pemilik kapal.

"Ini kami persiapkan untuk tambahan kapasitas akomodasi yang masih dalam proses pembicaraan dengan pihak penyelenggara, pemda, hingga PT Pelni," pungkas dia.

Baca juga: Kemenhub Ungkap Ada 3 Proyek Perkeretaapian Prioritas di 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com